Kelapa Sebagai Identitas Inhil Harus Dipertahankan

Senin, 21 April 2014

post

kebunkelapa/bisnisaceh.com
INHILKLIK.COM, Tembilahan  - Kelapa rakyat merupakan identitas Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). 

Sebab, sektor tanaman perkebunan itu salah satu komoditi terbesar di daerah ini yang layak untuk dipertahankan. 

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perkebunan Inhil, H Muktar T. Sebagai daerah penghasil kelapa terbesar diIndonesia, maka sangat wajar tanaman ini dipertahankan. Apalagi kelapa tersebut juga menjadi tanaman primadona masyarakat. 

‘’Kami dan staf Disbun sudah melakukan penanaman kelapa gading di sekitar media jalan dan taman-taman kota. Langkah ini dilakukan dalam rangka mempertahankan tanaman tersebut,’’ ujar Kadisbun Inhil, H Muktar, Ahad (20/4). 

Selain untuk mempertahankan tanaman itu, langkah yang dilakukan Disbun juga sebagai upaya nyata dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil yang sudah dicanangkan oleh bupati setempat beberapa waktu lalu. 

‘’Mari sama-sama kita dukung gerakan penanaman kelapa. Ini juga bentuk penghargaan terhadap petani sehingga kita buat tanaman kelapa tumbuh subur di lingkungan perkotaan,’’ paparnya. 

Dapat diketahui beberapa waktu belakangan ini perkembangan harga kelapa di Negeri Sri Gemilang semakin membaik. 

Hal itu diharapkan terus bertahan dan semakin bahkan semakin meningkat. Pasalnya jika itu terus terjadi pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin sehat. 

‘’70 persen masyarakat kita bermata pencaharian sebagai petani kelapa. Oleh sebab itu, kalau komoditi ini semakin berkembang yang akan merasakan dampak langsung adalah mereka sebagai petani itu sendiri,’’ imbuhnya. | adv/hum


Source: riaupos.co