Jika Mekar, Indragiri Utara Harus Lebih Maju

Senin, 10 Maret 2014

post

Foto Ilustrasi pemekaran wilayah 9Int)
Tembilahan (Inhilklik) - Setelah Indragiri Hilir Selatan (Insel) yang akan dimekarkan, kini Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berencana akan memekarkan Kabupaten Indragiri utara (Inhut). Jika sudah mekar kabupaten ini harus lebih maju dari pada induknya.

Banyak perubahan yang harus dilakukan, kalau pembentukan salah satu kabupaten benar-benar terjadi. 

Maka itu perubahan bukan hanya dari segi infrastruktur, pengembangan kesejahteraan, namun  kualitas sumber daya manusia (SDM) juga harus lebih baik.

Oleh sebab itu, warga daerah yang tergabung dalam wilayah Inhut menurut Bupati Inhil, HM Wardan diminta bersama berdoa dan memberikan dorongan agar proses pemekaran berjalan lancar. Apabila ada perbedaan, sebisa mungkin harus disatukan.

‘’Karena yang paling penting bagaimana proses pemekaran yang mulai berjalan tetap terus sukses. Sehingga pemekaran yang diinginkan dapat terealisasi,’’ ujar bupati.

Pemkab Inhil dikatakan orang nomor satu di Negeri Sri Gemilang ini, sejak awal sudah ia dukung. Kala itu ia masih mencalonkan diri sebagai bupati. Setelah ia duduk menjadi bupati, bersama-sama segenap masyarakat ia ingin mewujudkannya.

‘’Sebagai kepala daerah kami sangat mendukung penuh pemekaran Inhut. Hanya saja prosesnya tidak cepat. Semua dilakukan secara bertahap, satu per satu. Namun percayalah pemkab tidak akan selalu memberikan dukungan,’’ jelasnya.

Mekar menurut bupati bukan berarti harus berpecah belah. Oleh sebab itu, dalam perjuangan pemekaran harus pula mengedepankan rasa persaudaraan. 

‘’Kalau nanti Inhut resmi mekar, pembangunan harus lebih baik dari Inhil saat ini. Rakyat harus makin sejahtera dari semua sisi. Karena itu harapan kita,’’ papar bupati.

Bupati Inhil itu menyadari pula besarnya harapan warga Inhut agar daerahnya mekar. Sekarang, jelasnya semua proses sedang berlangsung, mulai dari seminar yang melibatkan pihak akademisi hingga pembentukan panitia pemekaran. 

Tetapi yang harus dilakukan warga Inhut mesti bahu membahu memberikan dukungan dalam proses pemekaran ini.

Beberapa kecamatan yang masuk dalam rencana pembentukan Inhut yakni Kecamatan Mandah, Pelangiran, Teluk Belengkong, Kateman dan Kecamatan Pulau Burung. Menurut Saripek, salah seorang tokoh pemekaran Inhut, pihaknya tidak mempersoalkan di mana letak kabupaten.

‘’Kami ingin bagaimana daerah kami ini bisa secepatnya mekar. Masalah ibukota kabupaten tidak kami persoalkan,’’ katanya.(adv/b)


Source: riaupos.co