90% Masyarakat RI Yakin Kehidupan Mereka Akan Membaik

Rabu, 19 Februari 2014

post

Ilustrasi. (Foto: Reuters)Jakareta (Inhilklik) – Roy Morgan Research menyatakan dari 43 persen masyarakat Indonesia yang mengenal soal keuangan pribadi mengatakan bahwa keuangan mereka lebih baik dibanding satu tahun lalu. Sementara 11 persen mengungkapkan keuangan keluarga lebih buruk dari satu tahun yang lalu.

Meski demikian, masyarakat yang memperkirakan keuangan mereka akan lebih baik di waktu yang sama pada tahun depan menurun menjadi 70 persen, sementara hanya 4 persen yang menyatakan lebih buruk. 

ANZ Asia Pacific Chief Economist Glenn Maguire mengatakan, kini 90 persen masyarakat memperkirakan perekonomian Indonesia akan mengalami masa yang baik selama lima tahun ke depan.

"Dibandingkan hanya 10 persen yang memperkirakan perekonomian akan mengalami masa yang buruk," ucap Glenn di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (18/2/2014).

Glenn menambahkan, sebesar 79 persen masyarakat memperkirakan Indonesia akan mengalami masa yang baik secara finansial selama jangka waktu 12 bulan ke depan dan 20 persen mengatakan akan mengalami masa yang buruk secara finansial.

Lalu kini 58 persen masyarakat menyatakan sekarang adalah waktu yang baik untuk membeli peralatan rumah tangga utama, dibandingkan 38 persen menyatakan saat ini waktu yang butuh untuk membeli peralatan rumah tangga.

Tingkat kepercayaan konsumen dari Roy Morgan tersebut didasarkan pada wawancara tatap muka dengan 2.010 responden di seluruh Indonesia bukan hanya di beberapa kota besar. Survei dilakukan di 22 kota besar, 22 kota kecil dan desa di sekitarnya yang secara statistik mewakili seluruh Indonesia. | okz