Malaysia Lagi-lagi Juara dalam Dunia Pariwisata Muslim

Rabu, 19 Februari 2014

post

Menara Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia (Ilustrasi)Inhilklik.com - Malaysia menduduki posisi teratas dalam ranking negara terbaik dalam dunia pariwisata Muslim. Sementara Indonesia naik satu peringkat ke ranking empat di bawah negara-negara Timur Tengah.

Dalam 10 besar ranking negara tujuan Muslim terbaik versi konsultan liburan Muslim Crescenating, Malaysia sekali lagi mengalahkan negara-negara Timur Tengah dalam sektor ini. Malaysia dalam empat tahun berturut-turut telah menempati posisi puncak ini.

"Dewan Pariwisata Islam Malaysia terus mendidik industri ini bagaimana cara memenuhi kebutuhan turis Muslim. Sekarang ada lebih banyak lagi restoran dengan sertifikat halal, hotel-hotel juga semakin mengerti kebutuhan khusus turis Muslim," kata Fazal Bahardeen, direktur perusahaan asal Singapura ini, dilansir OnIslam, Rabu 19 Februari 2014, .

Posisi selanjutnya setelah Malaysia berturut-turut adalah Uni Emirat Arab, Turki, Indonesia, Arab Saudi, Maroko, Yordania, Qatar, Tunisia, dan Mesir.

Indonesia sendiri tahun sebelumnya ada di posisi lima, naik ke posisi empat tahun ini. Hal ini lantaran Mesir yang tahun lalu di posisi dua anjlok ke 10. Salah satu alasannya karena situasi politik Mesir yang tidak menentu.

Peningkatan posisi yang paling drastis dialami Jepang. Dalam waktu setahun, Jepang lompat dari posisi 50 ke 40 dalam pariwisata Muslim.

Penilaian dilakukan pada ketersediaan dan akses restoran halal dan penyediaan daging yang disembelih sesuai standar syariah. Selain itu, negara tujuan wisata Muslim juga harus menyediakan mushola di bandara, mal dan hotel.

Malaysia unggul di semua persyaratan itu. Di Jiran juga terdapat tempat fitnes dan kolam renang yang menyediakan waktu yang berbeda bagi turis wanita dan pria.

Pariwisata Muslim mencakup 13 persen dari pasar turisme global dan bernilai US$140 miliar pada 2013. Diperkirakan lini ini akan meningkat nilainya hingga US$200 miliar pada 2020. | viva