Setahun, Kim Jong-Un Habiskan Dana Rp7,6 T untuk Barang Mewah

Rabu, 19 Februari 2014

post

Kim Jong-un dan istrinya Ri Sol-Ju (Foto:AP)Pyongyang (Inhilklik) - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un dikabarkan menghabiskan dana USD645,8 juta atau sekira Rp7,6 triliun (Rp11.792 per USD), hanya untuk membeli barang mewah. Uang tersebut dihabiskannya dalam waktu satu tahun.

Menurut laporan dari Komisi Penyelidik HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Jong-Un menjalani gaya hidup lebih mewah dibandingkan ayahnya, Kim Jong-Il. 

"Pengeluaran untuk barang mewah oleh Korut mencapai Rp7,6 triliun pada 2012," menurut laporan PBB, seperti dikutip The Chosun Ilbo, Rabu (19/2/2014).

"Ini merupakan peningkatan tajam dibandingkan pengeluaran yang dilakukan oleh Kim Jong-Il, yang mencapai USD300 juta atau sekira Rp3,5 triliun," lanjut laporan tersebut.

Pengeluaran tersebut digunakan untuk membangun teater bagi 1.000 rekan terdekatnya. Selain itu dirinya juga mengimpor mobil Mercedes-Benz dan instrumen musik dan perlengkapan musik yang mahal lainnya.

Pemerintahan Jong-Un dikabarkan mendapatkan uangnya dari penjualan alkohol ilegal di beberapa negara. Selain itu, mereka juga menjual gading dari Afrika ke China. 

"Dana ini disimpan secara pribadi oleh pemimpin Korut dan digunakan untuk kepentingan mereka sendiri. Selain itu uang juga digunakan oleh keluarga Jong-Un beserta beberapa elit yang dekat dengan dirinya," imbuh PBB.

Di saat menggunakan dana ini, Kim Jong-Un dan kroninya melakukan pelanggaran HAM terhadap rakyatnya. Mereka seperti tidak ingin tahu kondisi yang dialami oleh rakyat Korut saat ini. | okz