Pesawat Militer Jatuh di Aljazair, 103 Orang Tewas

Selasa, 11 Februari 2014

post

Kecelakaan pesawat (ilustrasi)
Aljazair (Inhilklik) – Pesawat militer Aljazair jatuh di timur laut negara pesisir Laut Tengah, Afrika Utara itu. BBC, 11 Februari 2014, mengutip media lokal yang menyebutkan sebanyak 103 penumpang dan kru pesawat itu tewas.

Pesawat jenis Hercules C-130 itu jatuh di pegunungan di Provinsi Oum al-Bouaghi. Sebuah sumber mengatakan kepada stasiun radio Ennahar, pesawat militer itu terbang dalam cuaca buruk dari Ourgla ke Constantine. Kontak dengan pesawat itu hilang di antara Constantine dan Oum al-Bouaghi. 

Pesawat tersebut diduga membawa personel militer dan anggota keluarga mereka. Titik awal keberangkatan pesawat nahas itu adalah kota Tamanrasset di Gurun Sahara. Namun pesawat itu berhenti di Ouargla.

Pejabat militer senior Kolonel Lahmadi Bouguern mengatakan, penyebab jatuhnya pesawat kemungkinan karena cuaca buruk dan angin kencang.

Dari 103 orang yang berada di pesawat, 99 di antaranya adalah penumpang dan 4 sisanya kru pesawat. “Tidak ada yang selamat,” kata sumber Ennahar.

Ennahar melaporkan, ambulans saat ini telah dikirim ke lokasi kecelakaan yang berada sekitar 380 kilometer dari Algiers, ibu kota Aljazair.

Insiden ini mengingatkan akan kecelakaan pesawat Air Algerie Boeing 737 pada tahun 2003 yang menewaskan nyaris seluruh 103 penumpangnya. Hanya satu orang yang selamat dari pesawat yang lepas landas dari Tamanrasset itu. | viva