NASA berencana keruk kekayaan alam di bulan

Senin, 10 Februari 2014

post

Bulan (Int)
Inhilklik.com - Luar angkasa mulai dipandang sebagai sumber bahan tambang yang perlu di eksplorasi untuk kebutuhan manusia. NASA misalnya, mulai menerima tawaran dari perusahaan tambang untuk mengambil materi seperti helium 3 di bulan.

Seperti yang dilansir oleh The Verge (9/3), NASA menemukan bahwa bulan memiliki materi pembentuk yang mahal seperti beberapa metal langka yang jarang ditemukan di bumi serta helium 3. Oleh karenanya, untuk mengurangi kelangkaan itu, NASA pun berencana untuk menambang bulan.

Sebuah proposal yang diajukan Soft Touchdown untuk program bertajuk Lunar Cargo Transportation and Landing itu. Dengan begitu, langkah untuk menambang bulan secara privat pun mulai dilakukan.

Lewat program ini, Amerika Serikat memang tidak akan terlibat secara langsung melainkan hanya memperbolehkan NASA saja. Hal ini dikarenakan kontrak tersebut dilandasi oleh Akta Perjanjian Luar Angkasa.

Penambangan ini sendiri dilakukan dengan dalih untuk melakukan penelitian. Namun, dunia sepertinya akan merasa keberatan karena bulan bukanlah properti milik NASA seorang.

Menurut Perjanjian PBB tentang Luar Angkasa pada 1967, telah disepakati bahwa negara manapun dilarang menyatakan klaim terhadap bulan. Langkah NASA untuk tidak melibatkan pemerintahnya sendiri dinilai sebagai cara licik untuk mengakali perjanjian itu. | merdeka