Mirip Ahmadinejad, Aktor Basiri Dilarang Akting 8 Tahun

Ahad, 02 Februari 2014

post

Basiri (kanan) Aktor yang mirip Ahmadinejad (Foto: BBC)
Basiri (kanan) Aktor yang mirip Ahmadinejad (Foto: BBC)
Teheran (Inhilklik) - Seorang aktor ternama Iran dilaporkan dilarang untuk berakting selama delapan tahun hanya karena alasan sepele. Aktor tersebut dianggap mirip dengan mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.

Selain wajah, nama depan dari aktor tersebut juga serupa dengan Ahmadinejad. Mahmoud Basiri mengatakan hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan kantor berita ISNA.

Basiri mengatakan, dirinya tidak akan pernah memerankan sosok Ahmadinejad jika memang mendapatkan restu dari mantan pemimpin Iran itu. Aktor berusia 66 tahun ini dikenal sebagai peran komedi dalam televisi.

Larangan untuk berakting itu diketahui oleh Basiri ketika ditelpon oleh pengacara. Pengacara tersebut menanyakan apakah dirinya tahu bahwa sudah tidak diperbolehkan lagi untuk berakting. Larangan tersebut keluar ketika Ahmadinejad memenangkan pemilu pada 2005.

"Awalnya saya hanya menanggapnya tidak serus dan tidak percaya bahwa kabar itu ternyata menjadi kenyataan," ujar Basiri, seperti dikutipISNA, sepeti dikutip BBC, Sabtu (1/2/2014).

"Selain rekan sesama aktor, tidak ada orang lain yang tidak peduli atas apa yang terjadi kepada saya setelah timbulnya larangan itu," lanjutnya.

Selama delapan tahun, pria yang lebih tua 10 tahun dari Ahmadinejad ini menyatakan, foto dirinya dihilangkan dari promosi acara televisinya. 

Meski sudah dilarang, Basiri mengaku dirinya tidak memiliki masalah dengan siapapun. Secara fundamental, Basiri menolak karakter yang menghina individu lainnya.

Dirinya pun seperti tidak memilik rasa dendam. Buktinya, Basiri bersedia untuk memerankan sosok Ahmadinejad asalkan mendapatkan izin langsung darinya. | okz