Jakarta Kota Paling Rawan Teror Penembakan

Ahad, 02 Februari 2014

post

Ilustrasi (Dok Okezone)Jakarta (Inhilklik) - Indonesia Police Watch (IPW) mencatat aksi penembakan di Indonesia kian mengganas. Pasalnya, di awal tahun 2014, sudah tercatat terjadi 10 kali penembakan. Dari penembakan yang terjadi, menurut Ketua Presidium IPW, Neta S Pane hingga saat belum ada satupun pelaku yang berhasil ditangkap pihak kepolisian.

Neta memaparkan, selama Januari ada tiga orang tewas akibat aksi penembakan misterius yang dilakukan orang tak dikenal (OTK). Korban tewas meliputi satu polisi, satu TNI, dan satu warga sipil dan  empat orang lainnya luka-luka. Lalu, satu mobil, satu pos polisi, dan satu pesawat di Papua ditembaki OTK.

"Jakarta sebagai ibu kota negara ternyata menjadi daerah paling rawan aksi teror penembakan misterius yang dilakukan OTK. Sepanjang Januari 2014 terjadi empat peristiwa penembakan," katanya dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Minggu (2/2/2014).

Sedangkan, posisi kedua adalah Papua, dimana telah terjadi empat penembakan, sementara di Bogor dan Tangerang terjadi satu penembakan misterius. Tren teror penembakan misterius ini, sambung Neta terus meningkat tajam setelah di tahun 2013, terjadi 35 kasus. Di mana, korbannya  antara lain 5 polisi tewas dan 8 luka, anggota TNI 2 tewas dan Satpam 1 tewas dan 2 luka.

"Polri tampaknya masih akan kesulitan dalam mengungkap aksi penembakan misterius di tahun 2014 ini. Sebab Polri sendiri harus menghadapi masalah yang serius dalam melindungi dirinya sendiri," ulasya.

Sebab selain menjadi korban penembakan misterius, selama 15 hari pertama di tahun 2014 ada 1 polisi tewas ditembak, 1 polisi tewas ditusuk, 2 polisi luka-luka dibacok pelaku kejahatan. Dalam kondisi seperti ini, ia mempertanyakan kapasitas Polri dalam melindungi masyarakat mengingat untuk melindungi diri sendiri saja masih sulit.

"Sepertinya di tahun 2014 ini masyarakat perlu meningkatkan pengamanan dirinya sendiri, dengan pengamanan swakarsa," tegasnya.

Berikut catatan IPW atas aksi penembakan misterius selama Januari 2014:

31 Januari 2013
Mobil Innova milik Sugimin ditembak dua kali saat parkir di Indomaret Lapangan Tembak Cibubur, Jakarta Timur. Saat itu Sugimin sedang berada di dalam mobil dan keluarganya belanja ke Indomaret. Tak jauh dari mobilnya anak dua kelompok remaja sedang ribut dan saat itulah dua peluru menerjang mobil Sugimin.

24 Januari 2014
Pratu Sugiarto tewas setelah ditembak orang tak dikenal, yang diduga sebagai kelompok OPM pimpinan Yambi di ketinggian Pintu Angin, Papua. Saat itu Sugiarto tengah mengawal rombongan Dandim Puncak Jaya, Kapolres Puncak Jaya, dan Danyon 751 Raider.

18 Januari 2014
Pos TNI di Puncak Jaya, Papua ditembaki orang tak dikenal. Akibatnya dua anggota TNI, Serda Laode dan Praka Adi tertembak di tangan kiri dan bahu. Pos TNI itu ditembaki saat anggota TNI dan polisi berpatroli.

10 Januari 2014
Briptu Nurul Affandi tewas ditembak pelaku curanmor di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Anggota Reskrim Polsek Kelapa Nunggal ini ditembak di bagian kepala. Penembakan itu terjadi saat korban tengah memakai pakaian preman dan tak membawa senjata.

7 Januari 2014
Seorang tukang ojek, Abdul Halil tewas ditembak kelompok sipil bersenjata di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Abdul Halil, suami dari seorang guru di SMU Wuyuneri, Distrik Mulia itu ditembak di bagian kepala tembus mata kanan dan rusuk sebelah kanan.

7 Januari 2014
Pesawat terbang Susi Air yang mengangkut sembako dari Kabupaten Nabire ditembaki orang tak dikenal, tepat di pintu angin di atas Distrik Kulirik, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Lokasinya persis di lokasi terjadinya penyerangan terhadap pos polisi beberapa waktu lalu. Beruntung, rentetan tembakan itu tidak mengenai bodi pesawat.

5 Januari 2014

Sugianto luka tembak di paha kiri bawah dan jari tengah tangan sebelah kiri di Jl Bendungan Jago, Kemayoran, Jakarta Pusat. Korban diduga ditembak pelaku pencurian kendaraan bermotor yang hendak mencuri sepeda motornya.

3 Januari 2014
Rudi Hartono, sekuriti Komplek Palm Residence ditembak orang tak dikenal di Jalan Musyawarah, Ciputat, Jakarta Selatan. Akibatnya bagian kepala Rudi luka terkena tembakan. Aksi penembakan terjadi di tengah keramaian aparat kepolisian, yang sedang melakukan olah TKP di sekitar rumah terduga teroris Dayat Kacamata cs di Kampung Sawah, Ciputat.

1 Januari 2014
Pesta pergantian tahun di Sky Garden Living Wolrd Alam Sutera, Serpong, Tangsel, Banten diwarnai insiden penembakan. Seorang pengunjung Yusafat (33) mengalami luka tembak di bagian bahu kanan, saat menyaksikan pesta kembang api dari pintu Resto Barat.

1 Januari 2014
Fadli (24) warga Bekasi ditembak orang tak dikenal di kawasan Galur, Senen, Jakarta Pusat. Pelakunya dua orang berboncengan menggunakan motor Honda Vario. Sebelumnya, motor korban bersenggolan dengan motor pelaku. Lalu terjadi cekcok dan pelaku menembak perut Fadli. Setelah itu pelaku lari ke arah Kemayoran, Jakarta Pusat. | okz