Desa Petalongan Keritang Tak Punya SD Negeri

Rabu, 04 Desember 2013

post

Tembilahan (Inhilklik) - Meski memiliki jumlah penduduk lebih kurang 6.000 jiwa, namun Desa Petalongan, Kecamatan Keritang hingga saat ini belum memiliki gedung sekolah dasar negeri.

Penegasan itu disampaikan Kepala Desa Patalongan, Jasmarizan kepada wartawan, Selasa (3/12). Saat ini dikatakan Jasmarizan, desanya hanya memiliki sekolah dasar swasta.

‘’SD ada, tapi milik swasta. Dari sisi biaya juga agak mahal. Namun mau tidak mau, warga tetap bersekolah di sana,’’ kata Jasmarizan.

Sekolah yang ada di sana, dijelaskan Jasmarizan mungkin sedikit sulit mengakomodir semua anak usia didik yang ada sehingga mereka terpaksa bersekolah di desa tetangganya. Itupun jaraknya cukup jauh hingga mencapai lebih kurang 9 kilometer (KM).

Jika diperbandingkan dengan jumlah penduduk yang cukup banyak, menurut Jasmarizan sudah sepatutnya desa mereka memiliki bangunan sekolah dasar negeri. 

Pasalnya, bersekolah di sekolah negeri sudah menjadi keinginan setiap warga dengan alasan biaya murah.

‘’Kita berharap pemerintah memperhatikan apa yang menjadi harapan warga ini. Sebab, keberadaan sekolah dasar negeri menjadi kebutuhan yang sangat mendasar,’’ papar Jasmariza mengharapkan.

Desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) itu merupakan desa pemekaran dari Desa Sencalang tahun silam. Meski dalam sisi usia desa ini masih terbilang muda, namun desa itu cukup memiliki potensi sumber daya alam (SDA). (*)


Source: riaupos.co