Warga Inhil di Imbau Minimalisir Potensi Kebakaran

Rabu, 30 Oktober 2013

post

Kebakaran (Foto: Int)
Tembilahan (Inhilklik) - Guna meminimalisir terjadinya kebakaran di pemukiman warga, BPBD Kabupaten Inhil terus melakukan imbauan pencegahan kepada warga. Hal ini dilakukan melihat kebakaran pemukiman warga semakin sering terjadi. Seperti disampaikan Erwandi Kabid Kedaruratan dan Logisitik Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kabupaten Inhil, masyarakat diimbau, selalu waspada dan tidak ceroboh dalam meninggalkan rumah saat berpergian dan tidak meninggalkan kegiatan dapur dalam keadaan kompor menyala.

“Selain saat ini cuaca ekstrem, faktor kelalaian juga menjadi penyebab yang cukup besar, oleh sebab itu kita harapkan masyarakat tidak ceroboh dan lalai mengenai hal-hal sepele yang dapat berpotensi menyebabkan kebakaran,” jelasnya.

Selain itu, hubungan arus pendek listrik juga kerap menjadi penyebab terjadinya kebakaran di pemukiman warga, oleh sebab itu pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan PLN Rayon Tembilahan terkait permasalahan tersebut.

“Memang arus pendek juga menjadi faktor penyebab yang sangat signifikan, seperti tidak stabilnya tegangan arus, untuk itu kita meminta PLN dapat juga memberikan rasa aman kepada masyarakat,” jelasnya.
Meski tidak diharapkan terjadi, dalam sisi SDM BPBD Inhil mengaku, juga lebih siap dalam menangai bencana kebakaran dengan armada dan petugas yang dimiliki saat ini, pemadaman dinilai dapat ditangani dengan baik.

“Saat ini kita memiliki dua armada baru dan dua armada lama yang siap untuk beroperasi dan petugas yang selalu standby, kita tak mengharapkan kebakaran terjadi, tetapi dengan kondisi saat ini kita siap menangani bencana kebakaran,” jelasnya.

Pihaknya juga menilai, sejauh ini upaya pencegahan yang dilakukan oleh masyarakat sudah cukup baik, hal ini terus diharapakan untuk meminimalisir yang hal yang tidak diiginkan.

“Kita harapkan masyarakat tetap selalu waspada dan berhati-hati, agar musibah kebakaran tidak menimpa keluarga kita,” tutupnya. (*)




Source: haluanriaupress.com