Tetater Mamanda Dari Banjar Baru Kalsel Mentas di Riau

Selasa, 29 Oktober 2013

post

Penampilah Grup Mamanda dari Banjar Baru Kalsel di Taman Budaya Riau (Foto: adek)
Pekanbaru (Inhilklik) — Kelompok teater tradisi Mamanda Kalimantan Selatan, tepatnya Banjar Baru, mementaskan karya mereka di Taman Budaya Riau, Sabtu malam (26/10). Pementasan teater tradisi Mamanda ini memiliki makna tersendiri. Hal ini disebabkan di Riau juga memiliki teater tradisi Mamanda tepatnya di Kabupaten Indragiri Hilir.

Terselengaranaya acara tersebut merupakan hasil kerjasama Dewan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Banjar Riau (DPP-IKABRI) bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau.

Menurut Bero S Soekarno, pegawai Taman Budaya Riau, teater tradisi Mamanda yang ada di Kabupaten Inhil berasal dari Banjar Baru. Dengan demikian, bagi pekerja teater Riau dapat melihat langsung keaslian Mamanda dan sekaligus dapat diperbandingkan.

“Kabarnya, Mamanda yang ada di kita (Riau) berasal dari Banjar Baru. Dengan pementasan ini, kita dapat menggali lebih jauh lagi khazanah teater tradisi milik bangsa kita ini,” ujar Bero kepada wartawan.

Salah seorang pekerja teater Riau dan sekaligus dosen teater di Sekolah Tinggi Seni Riau (STSR), Monda Gianes, mejelaskan bahwa pementasan teater Mamanda dari Kalimantan ini dapat dijadikan bahan kajian lebih dalam lagi.

“Bagi kita yang hidup di zaman modern ini dan berkarya berpijak pada tradisi, pementasan ini dapat dijadikan bahan menambah kekayaan referensi kita untuk berkarya,” harap Monda Gianes. (rkc/ard)