Disdukcapil Tinjau Ulang Operator Perekaman Data Kependudukan

Rabu, 23 Oktober 2013

post

http://www.seriau.com/wp-content/uploads/2013/07/e-ktp.jpg
Ilustrasi/net
Tembilahan (Inhilklik) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir, berencana akan melakukan peninjauan ulang terhadap kemampuan operator dalam melaksanakan perekaman data kependudukan.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Inhil, Dianto Mampanini, beberapa waktu lalu, pihaknya telah melaksanakan rekrutment para operator yang akan melakukan perekaman data di seluruh daerah di Kabupaten Inhil. Namun, di tengah perjalanan ada pergantian beberapa operator, yang dilakukan tanpa pemberitahuan.

"Saat ini, kita ketahui ada ketidakmampuan operator dalam melaksanakan tugas. Hal ini tentu sangat kita sayangkan, karena rekrutment sudah kita laksanakan sesuai prosedur. Tetapi, tanpa diketahui persoalannya, oleh pihak kecamatan operator ini diganti. Sehingga, ada operator yang tidak memenuhi kompetensi, yang mengakibatkan lambatnya pengerjaan dan proses
pemberian pelayanan kepada masyarakat," tutur Dianto, kemarin.

Dijelaskannya, sejauh ini, ada tiga kecamatan yang operatornya bermasalah. Namun, ia tetap meminta laporan kepada staff-nya, untuk dilakukan lagi pantauan ke lapangan. Apabila ada ditemukan hal seperti itu, ia minta segera dilaporkan, sehingga bisa diambil tindakan.

"Kita minta, kalaupun ada operator yang diusulkan, harusnya kita lakukan tes disini, untuk mengetahui sejauhmana kemampuannya. Jika memang mereka sesuai dengan kapasitas yang kita butuhkan, kita akan memeberikan rekomendasi untuk dilakukan pengrekrutan," terangnya.

Selanjutnya, ia berharap, agar pelayanan yang diberikan oleh petugas kepada masyarakat, khususnya dalam perekaman data kependudukan dapat dilakukandengan lebih maksimal.

"Ini kita maksudkan, supaya tidak ada lagi keluhan dari masyarakat tentang pelayanan yang berjalan lambat. Sehingga, dengan begitu pencapaian perekaman juga bisa mencapai target yang kita harapkan," imbuhnya. (*)



Source: riautrust.com