Jembatan Sugai Gaung Rampung 40,31 Persen

Selasa, 08 Oktober 2013

post

Tembilahan (Inhilklik) - Sesuai alokasi dana yang digelontorkan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) hingga Desember 2013 mendatang pembangunan Jembatan Sungai Gaung secara progres hanya akan mencapai 40,31 persen.

Demikian dikatakan Kepala Dinas PU Inhil, H Tengku Edy Efrizal kepada wartawan, Senin (7/10).

Menurut yang bersangkutan pembangunan Jembatan Gaung tetap mengacu pada ketentuan yang berlaku. Sehingga pembangunan jembatan ini dapat dilanjutkan pada tahun anggaran berikutnya.

‘’Yang pasti pembangunan fasilitas ini akan disesuaikan denngan dana yang ada. Di mana kelanjutnya bisa diteruskan pada tahun anggaran baru dengan peraturan daerah (perda) yang baru pula. Apalagi anggaran mendatang kita juga bupati baru,’’ kata Tengku Edy seperti dilansir riaupos.co, Rabu (09/10/13).

Pihaknya tidak akan bekerja melebihi alokasi dana yang ditetapkan. Sesuai porsi anggaran, dijelaskan mantan Kepala BLH Inhil ini pembangunan Jembatan Gaung akan finis pada angka 40,31 persen. Angka ini terbilang besar jika melihat waktu pelaksanaan yang tidak terlalu panjang.

Secara manfaat keberadaan Jembatan Sungai Gaung memiliki fungsi strategis dalam menghubungkan kawasan Inhil utara dan peningkatan perekonomian warga sekitarnya.

Dengan begitu banyak masyarakat berharap pembangunan jembatan ini kembali dilanjutkan pada tahaun-tahun mendatang.

Jembatan ini nantinya akan menjadi akses penghubung Kota Tembilahan dengan Kecamatan Gaung dan kecamatan sekitarnya. 

Selain membuka isolasi di kawasan Inhil utara, jembatan ini juga memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian warga sekitar. Warga tak lagi dihukum dengan kondisi alam seperti air pasang surut.

Sejauh ini Kabupaten Inhil sudah memiliki tiga jembatan besar di antaranya Jembatan Rumbai, Jembatan Suangai Gergaji dan Jembatan Kuala Getek.

Sejak difungsikan tiga jembatan itu tentu memberikan dampak yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Negeri Seribu Parit ini.

‘’Apa yang sudah menjadi harapan masyarakat tentu itu juga menjadi harapan besar bagi kita semua. Mari sama-sama kita berdoa agar dalam proses pembangunan beberapa jembatan di Inhil dapat berjalan lancar,’’ungkap Tengku Edy. (RP)