Wabup Inhil Hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna

Selasa, 01 Oktober 2013

post

Tembilahan (Inhilklik) - Wakil Bupati Rosman Malomo menghadiri gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XV, di GOR Haji Agus Salim, Padang. Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 26-30 September 2013 ini, mengusung tema “Dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal melalui pendayagunaan teknologi tepat guna, kita wujudkan kemandirian masyarakat”.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Suhardiman, pada kegiatan tersebut, Pemkab Inhil menampilkan berbagai peralatan teknologi tepat guna, yang merupakan hasil ciptaan dan kerajinan masyarakat Kabupaten Inhil.

Saat itu, kita menampilkan empat alat teknologi tepat guna, yaitu alat pengupas kulit kedelai dan kopi, alat pemotong untuk pembuatan kerupuk, alat parut kelapa dan alat pengupas kulit pinang,” tutur Suhardiman saat ditemui Halun Riau, di ruang kerjanya, Senin (30/9).

Dikatakan Suhardiman, pada kegiatan nasional yang diikuti oleh seluruh provinsi tersebut, alat pengupas kulit kedelai dan kopi, yang diciptakan oleh Salam, warga Kecamatan Kempas cukup menarik minat para pembeli dari daerah lainnya.

Dari semua alat yang dibuat oleh Salam itu, ada salah satu yang menarik minat para konsumen, yakni alat pengupas kulit kedelai dan kopi,” terang Suhardiman, yang juga Kepala BPMPD Kabupaten Inhil.

Dijelaskannya, melalui ajang tersebut, akhirnya alat-alat teknologi tepat guna, yang dimiliki dan dihasilkan oleh para pengrajin dari Kabupaten Inhil dapat diperkenalkan pada masyarakat luas. Sehingga, menjadi motivasi tersendiri, untuk membuat dan menemukan hal-hal baru, yang berguna dan bermanfaat bagi kehidupan.

Inilah salah satu tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk mengenalkan dan mengembangkan berbagai alat teknologi tepat guna yang ada di daerah masing-masing,” imbuhnya. (adv/humas/hr)