Kamis Pleno Pilkada Inhil, 350 Personel Disiagakan

Senin, 09 September 2013

post

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRZzU80oVaQ8RvtmM9YCqOpv7kX3cZuvE8oUPuMiNOPteFST8zCTembilahan (Inhilklik) - Kamis (12/9), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan menggelar rapat pleno penetapan pasangan bupati dan wakil bupati Inhil periode 2013-2018.

Sebanyak 350 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya rapat pleno tersebut.

Sidang pleno ini dilaksanakan di Gedung Engku Kelana Jalan Baharudin Yusuf, Tembilahan. Jika pleno penetapan pasangan bupati dan wakil bupati Inhil selesai pada 12 September, maka KPU akan melanjutkan pleno penetapan pasangan gubernur dan wakil gubernur Riau periode 2013-2018 mendatang pada 13 September di lokasi yang sama.

Beberapa hari lalu, KPU beserta pimpinan kepolisian, TNI dan Satpol PP Inhil menggelar rapat persiapan pengamanan pleno penetapan pemenang pasangan bupati dan wakil bupati Inhil priode 2013-2018.

Anggota KPU Inhil H Herdian Asmi menyebutkan pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang dikawal oleh ratusan aparat gabungan guna mengantisipasi kemungkinan bakal terjadinya hal yang tidak diinginkan pada sidang pleno dengan agenda penetapan para calon bupati dan wakil bupati.

‘’Pengamanan dengan melibatkan ratusan personel gabungan terdiri dari Polri, TNI dan Satpol PP serta petugas keamanan lainya,’’ kata Herdian Asmi, Ahad (8/9).

Proses pemungutan suara 4 September lalu berjalan dengan aman dan lancar. Dari 1.559 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 236 desa/kelurahan di 20 kecamatan dijaga ketat oleh petugas kemanan. Demikian pula saat pergerakan logistik dari TPS ke Panitia Pemungutan Suara (PPS)

Petugas disiagakan selama 24 jam penuh. Setelah berada di PPS pada 4-6 September, logistik kembali dibawa ke panitia pemilih kecamatan (PPK). Selama 3 hari dari 7 hingga 9 September, petugas melakukan perekapan. Kemudian baru dibawa ke KPU dan selanjutnya akan diplenokan 12 September mendatang.

‘’Saat ini surat suara dan logistik sedang dilakukan perekapan di tingkat di PPK. Waktu 3 hari untuk proses itu, kami rasakan sangat cukup. Sehingga, kami sendiri belum bisa memaparkan siapa pemenang Pemilukada Inhil 2013 ini,’’ jelas Herdian.(riaupos)