Kabupaten Meranti Akan Terima 300 CPNS

Jumat, 06 September 2013

post

http://inhusatu.com/assets/berita/26496813353-cpns-2013.jpgSelat Panjang (Inhilklik) – Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pembinaan (BKPP) Kabupaten Kepulauan Meranti, sejauh ini  belum bisa memberikan keterangan pasti mengenai jumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  yang akan diterima sesuai dengan pengumuman pemerintah pusat. Namun diperkirakan Kabupaten Meranti akan menerima sebanyak 300 CPNS.

Kepala BKPP Kepulauan Meranti, Revirianto melalui Kabid Mutasi Rosdaner keapada wartwan,  Senin (26/8) lalu, mengatakan pihaknya masih menunggu informasi resmi dari pusat terkait jumlah CPNS yang akan diterima oleh Meranti 2013 ini.

Walau ada informasi mengatakan akan menerima CPNS sekitar 300 orang itu, namun belum diketahui bidang mana saja yang akan ditempatkan. "Kita belum bisa mengatakan apa-apa apalagi jumlah atau bidang yang akan diterima tersebut sebelum mendapat informasi resmi dari pemerintah pusat," katanya dilansir haluankepri.com.

Disebutkannya, bahwa informasi itu juga masih belum dapat dipastikan. Namun ia berjanji bila sudah didapatkan informai kepastian jumlah CPNS yang akan diterima dari pusat akan segera di informasikan kepada khalayak ramai.

"Pasti kita umumkan setelah kita dapatkan informasi yang jelas. Sehingga masyarakat bisa mengetahui termasuk disiplin ilmu mana yang akan direkrut,” jelas Rosdaner lagi.

Ditambahkannya surat prinsip mengenai formasi CPNS nantinya akan  terima dari Kemenpan. Saat ini pihaknya juga terus memantapkan melalui rapat dengan BKN terkait formasi CPNS tahun 2013 ini, serta  usulan sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu pantauan dilapangan melihat antusias para pemuda-pemudi di Kabupaten Kepulauan Meranti cukup tinggi untuk menjadi PNS. Terbukti hingga saat ini para pencari kerja itu hilir mudik ke kantor Disnaker untuk mengurus kartu kuning.

Hingga Kamis lalu jumlah pencaker yang sudah mengurus kartu kuning sebanyak 900 orang. Dan pengurusan itu  akan terus berlangsung, dimana masing-masing pencari kerja itu optimis untuk ikut dan ambil bagian untuk  mendapatkan tiket mengikuti tes yang akan dilaksanakan nantinya. (inhusatu)


Pemkab Meranti Belum Umumkan Formasi CPNS 2013
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, hingga saat ini belum ada mengumunkan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2013, kendati Pemerintah Pusat melalui Menpan-RB sudah memutuskan per 1 Sepetember 2013 pembukaan penerimaan CPNS. Namun demikian, pemerintah akan tetap mengumumkan pada bulan September mengenai formasi penerimaan CPNS.

Kepala Badan Kepegawai Pelatihan dan Pembinaan (BKPP) Kabupaten Kepulauan Meranti, Revirianto ketika dikonfirmasi di Kantor Bupati, Selasa (3/8/13) kemarin mengatakan, sejauh ini pihaknya belum dapat menentukan kapan formasi pembukaan penerimaan CPNS tersebut. Yang jelasnya, pemerintah daerah masih menunggu prinsip formasi penerimaan CPNS itu sendiri.

"Jika izin prinsifnya sudah kita terima pasti kita akan umumkan, yang pasti bulan Sepember ini akan kita umukan, kita masih punya waktu sekitar 20 hari. Saat ini kita lagi menunggu izin prinsif formasi  dari Menpan-RB, untuk mengumumkan formasi penerimaan CPNS tersebut. Saat ini izin prinsip itu masih dalam perjalanan, berkemungkin besok sudah kita terima," ungkapnya.

Setelah izin prinsip formasi CPNS itu sampai di Pemkab Meranti, kata dia, juga tidak langsung diumumkan karena pihaknya harus memproses terlebih dahulu sebelum diketahui calon pelamarnya. Untuk mengumumkan penerimaan CPNS itu sendiri, kata dia, pihaknya terlebih dahulu melaporkan kepada Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir sebagai kepala daerah yang bertanggung jawab.

Sedangkan menurut pandangan seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Merbau, Ali Sanif mengatakam, lambatnya pengumuman formasi CPNS ditengarai adanya permainan sejumlah pejabat untuk menitipkan sanak familinya. Sedangkan, jika pengumuman CPNS diperlambat, tentunya kata dia, akan memperkecil kesempatan bagi anak luar kota Selatpanjang untuk  bisa mengikuti tes penerimanan CPNS di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Menurut Ali Sanif lagi, pada umumnya anak-anak desa di kecamatan Merbau ini sebagaian besar belum mengetahui adanya wancana penerimana CPNS tersebut, meskipun sudah beberapa kali publikasikan melalui media cetak. Yang lebih parahnya lagi, sejumlah masyarakat yang memiliki putra-putri didaerah terpelosok akan ketinggalan untuk merebut posisi sebagai Abdi negara tersebut.

"Kami harapkan Bupati Kepulauan Meranti bisa berlaku bijak dalam pembukaan penerimaan CPNS tahun 2013 kali ini. Jangan sampai ada titip menitipkan keponakan maun anak pejabat dalam rekrutmen kali ini. Saya juga berharap kepada BKPP Kabupaten Kepulauan Meranti dapat segera mengumumkan formasi penerimaan CPNS tersebut," harap Ali Sanif, warga Kecamatan Merbau.(riauhedaline)