Ingin Tingkatkan Kinerja Pemdes, Desa Tanjung Melayu Ikuti Pelatihan Siskeudes

Selasa, 20 Desember 2016

post

Kantor Desa Tanjung Melayu
INHILKLIK.COM, KUINDRA - Guna menindaklanjuti surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) No. B.7508/01.16/08/2016 tanggal 31 Agustus 2016 perihal Himbauan terkait Pengelolaan Keuangan Desa/Dana Desa serta surat Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri perihal Aplikasi Pengelolaan Keuangan Desa serta MOU antara Menteri Dalam Negeri dengan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang Transparan, Akuntabel dan Partisipatif sebagaimana yang telah diamantkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No.113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Peraturan Bupati Sidoarjo No. 27 Tahun 2015 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa dalam bentuk aplikasi SIKEUDES (Sistem Keuangan Desa).

Dengan diadakan nya Pelatihan dan Pendampingan Aplikasi SIKEUDES ini, kepala desa tanjung melayu Samsul Rizal mengutuskan perwakilan dua orang untuk mengikuti pelatihan Siskuedes (sistem keuangan desa) yang diadakan dikabupaten Indragiri Hilir beberapa waktu yang lalu.

Kepala desa tanjung melayu berharap, setelah pelatihan ini dapat meningkatkan ilmu yang didapat dengan pelatihan dan dapat diterapkan di desa demi meningkatkan pengetahuan dan kinerja baik dari segi pemerintah desa, bpd, maupun lembaga-lembaga yang ada didesa karena dengan pelatihan ini dapat mempercepat pembangunan yang akan direncanakan bersama ditahun yang akan datang.

"Dengan aplikasi sistem siskeudes ini dapat mempermudah dalam pembuatan apbdes" tutur bendahara desa tanjung melayu yang pada saat itu mengikuti pelatihan.

Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan ini bertujuan untuk mendorong Pemerintah Desa mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Melalui aplikasi ini, pengelolaan keuangan akan terperinci seluruhnya mulai dari perencanaan hingga pertanggungjawaban. Dengan pengelolaan keuangan yang baik tentunya diharapkan akan semakin meningkatkan pembangunan desa, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (adv)