Pemdes Kuala Gaung Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah

Senin, 19 Desember 2016

post

Foto bersama seusai kegiatan
INHILKLIK.COM, GAUNG ANAK SERKA - Acara penyuluhan pemanfaatan lahan perkarangan yang langsung di narasumberi oleh kepala seksi pemerintahan Kecamatan Gaung Anak Serka, Asmawati,SE. di desa Kuala Gaung Kecamatan Gaung Anak Serka dikuti oleh puluha masyarakat, Selasa (20/12).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung PAUD dusu  penagih tersebut bertujuan untuk mengajak para peserta yang sebagian besar terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak perwakilan dari masing-masing Rukun warga setempat untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan mereka dengan kegiatan budidaya sayuran organik.

Pekarangan jika dikelola secara intensif sesuai dengan potensi pekarangan, disamping dapat memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga, juga dapat memberikan sumbangan pendapatan bagi keluarga.

Dari hasil penelitian, secara umum pekarangan dapat memberikan sumbangan pendapatan keluarga antara 7% sampai dengan 45%.

Dari materi pertama, diskusi berjalan dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan warga diantaranya seputar hama yang banyak menyerang tanaman mereka.

Pada sesi pertama ini peserta pelatihan juga diajari bagaimana meramu bahan-bahan alami yang ada di sekitar pekarangan untuk dimanfaatkan sebagai obat pembasmi hama berbahan dasar tanaman tertentu.

Setelah acara penyuluhan selesai, di sambung dengan acara lomba cipta menu yang di ikuti oleh ibu ibu dari warga setempat. (Adv/Ard)