MTQ ke-46, Bupati Wardan Bertekad Kembalikan Inhil Sebagai Lumbung Qori dan Qori'ah

Senin, 30 Mei 2016

post

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Indragiri Hilir yang ke 46 tahun 2016 di Kecamatan Kateman telah berlangsung dengan sangat meriah, Minggu (29/05/2016) malam.

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Pemuda Kecamatan Kateman ini dijadwalkan 29 Mei hingga 3 Juni 2016 dengan dikuti 501 peserta. Acara dihadiri Bupati Indragiri Hili, HM Wardan beserta jajaran, Ketua DPRD Inhil Dani M Nursalam, Forkopimda Kabupaten Inhil, anggota DPRD Inhil, Camat se-Kabupaten Inhil, Lurah dan Kepala Desa.

Adapun tujuan dari perhetalan relegius tersebut untuk meningkatkan kemampuan membaca, memahami serta mengamalkan isi kandungan al-qur'an dikalangan umat islam serta eningkatkan kegairahan hidup beragama khususnya di kalangan generasi umat islam untuk membaca, menghayati dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehar-hari.

Selanjutnya meningkatkan daya pikir dan memperhalus daya dzikir agamis serta mempertebal keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT dan mempererat jalinan hubungan silahturahmi antara seluruh masyarakat kecamatan se Kabupaten Inhil.

Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan memiliki cita-cita yang besar lewat perhelatan akbar tahunan tersebut. Mantan Kadisdik Provinsi Riau ini bertekad lewat event MTQ akan mengembalikan Inhil sebagai lumbungnya Qori dan Qoriah.

"Kabupaten Inhil dulunya pernah sebagai  lumbung Qoqi-Qori'ah di Provinsi Riau, keberhasilan itu kita persiapkan dari sekarang, kita lakukan valuasi, kita mendapatkan titik lemah kita dan kita harus perbaiki dan Insa allah Pemerintah Kabupaten Inhil lebih jaya lagi dan lebih baik," ungkap Wardan.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Bupati Wardan selalu menekankan dalam setiap kegiatan MTQ baik tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten dan tingkat Provinsi kepada kafilah agar menggunakan Qori dan Qoriah asli putra-putri daerah, begitu juga yang dilakukan oleh Wardan dibidang olahraga.

"Setiap utusan harus qori dan qoriah asli putra daerah, meskipun diambil dari luar kabupaten tapi dia adalah putra daerah kita," tegas Wardan.

Pesan Wardan kepada seluruh masyarakat Inhil agara terus menggalakan gemar membaca dan mengamalkan Al-Quran untuk meningkatkan iman dan taqwa, sejalan dengan apa yang telah diprogramkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Inhil, yaitu magrib mengaji.

"Isya Allah kita bersama-sama akan kembali mengawali sebuah ikhtiar untuk meningkat-kembangkan semangat ummat Islam agar tetap cinta kepada Al-Qur’an, memelihara kemurniannya, serta menguasai seni baca-tulis, pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke- 46 Tingkat Kabupaten Indragiri Hilir di kecamatan Kateman," tukas Wardan.

MTQ tahun ini Pemerintah Kabupaten Inhil mengangkat tema "Dengan Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Kabupaten Inhil ke 46 tahun 2016, kita wujudkan masyarakat yang gemar membaca, memahafmi dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an. (Advertorial)