Peran Pendampinagan oleh Program DMIJ Sangat Membangtu Pemerintah Desa

Jumat, 16 Desember 2016

post

Kades Sungai Piyai, Suriadi
INHILKLIK.COM, KUINDRA - Sebagaimana yang kita ketahui dalam menjalankan pemerintahannya pemerintah kabupaten Indragiri hilir (Inhil) dibawah kepemimpinan bupati HM Wardan teleh membuat program pendampingan terhadap desa.

Ada yang kita kenal program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dimana desa diarahkan untuk melaksanakan kegiatan desa yang berkodinasi langsung dengan badan pemerintahan masyarakat desa (BPMPD).

Didalam program DMIJ ini didalamnya tertuang berbagai macam proses pendampingan terhadap desa baik dari segi pembangunan fisik yang didalamnya terdapat para ahli di bidang pembangunan fisik (FMT), desa dapat berkonsultasi tentang apa saja yang akan mereka bangun didesa mereka. 

Tidak hanya itu, program DMIJ juga mempunyai orang -orang yang ahli di bidang pemberdayaan masyarakat desa yang biasa dikenal dengan sebutan FMP yang mana desa bisa berkonsultasi tentang program pemberdayaan masyarakat des.

Dalam program Desa Maju inhil jaya juga sering mengadakan pelatihan dan penyuluhan kepada masyarakat desa yang bertujuan untuk memberikan tambahan ilmu kepada masyarakat desa khususnya prangkat desa untuk menjalankan program pembungunan di desa
Kepala Desa Sungai Piyai, Suriadi menyambut baik akan program DMIJ, Ia merasakan banyak kemudahan yang didapatkan..

"Kami para kepala desa merasa terbantu dengan adanya orogram pendampingan ini, yang mana di tingkat desa kami memiliki pendamping desa yang merupakan wadah bagi kami untuk berkomunikasi dalam hal kemajuan desa dan para pendamping desa juga berperan dalam kegiatan desa misalnya mengadakan penyuluhan dan pelatihan bagi masyarakat kami. Harapan kedepan program pendampingan ini dapat berlanjut karena manfaatnya kepada desa dan masyarakat desa," ujar Suriadi. (AdvArd)