Gema Muharam di Inhil, Pelopor Iven Wisata Halal di Indonesia

Selasa, 10 September 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Ribuan masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terutama dari Kota Tembilahan dan sekitarnya memadati Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Selasa 10 September 2019.

 

Kedatangan masyarakat sejak ba'da Ashar ini, dalam rangka mengikuti istighatsah, tabligh akbar dan buka puasa aysura bersama, yang merupakan rangkaian peringatan Gema Muharram 1441 H di Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia.

 

Tampak hadir dalam kegiatan yang mendatangkan Penceramah Syekh Fikri Thoriq tersebut, Bupati HM Wardan dan Wabup H Syamsuddin Uti, Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zen, Sekda H Said Syarifuddin, seluruh Kepala OPD dan Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

 

Bupati Wardan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan dan masyarakat, serta berterima kasih atas partisipasinya dalam menyukseskan Iven Wisata Religi ini.

 

Kegiatan tersebut, lanjutnya, telah ditetapkan sebagai Iven Wisata Religi Provinsi Riau dan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata RI, dengan kategori Iven Wisata Halal.

 

"Tiap daerah di Nusantara juga melaksanakan kegiatan dalam rangka menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam. Tapi hanya Indragiri Hilir yang melaksanakan secara terlembaga dan berkesinambungan," ujar Bupati Wardan.

 

Dengan begitu, tambahnya, tidak berlebihan jika dikatakan Iven Wisata Gema Muharram yang telah dilaksanakan sejak tahun 2003 lalu ini, sebagai pelopor Iven Wisata Halal di Indonesia.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zen menyatakan, Inhil memiliki banyak warisan budaya tak benda, salah satunya ialah Gema Muharram, yang telah dilaksanakan selama 16 tahun terakhir ini.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Wardan juga menyerahkan sebanyak 75 paket sembako.

 

Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan ceramah, buka puasa bersama dan Shalat Maghrib berjama'ah. (adv)


Bupati HM Wardan, Wabup H Syamsuddin Uti, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zen, Sekda H Said Syarifuddin saat menghadiri Gema Muharam

Hj Siti Zulaikh Wardan saat menghadiri acara Gema Muharam

Bupati HM Wardan saat menghadiri acara Gema Muharam.

Ribuan masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir memadati Lapangan Gajah Mada Tembilahan

Ribuan masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir memadati Lapangan Gajah Mada Tembilahan

Bupati HM Wardan bersama rombongan saat menuju lokasi acara Gema Muharam

Foto bersama usai acara Gema Muharam di Lapangan Gajah Mada Tembilahan.

HM Wardan menyampaikan sambutan pada acara Gema Muharam.