Aksi Puskesmas Teluk Pinang Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

Sabtu, 03 Oktober 2020

INHILKLIK.COM - Selama masa pandemi virus Covid-19, berbagai kegiatan atau aksi dilakukan oleh Puskesmas Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka, Kabupaten Indragiri Hilir.

Beberapa kegiatan dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina itu.

Sebagai salah satu garda terdepan penangan pandemi Covid-19, para tenaga kesehatan Puskesmas Teluk Pinang selalu bersiaga mulai dari pencegahan hingga antisipasi jika ada masyarakat yang terpapar Covid-19.

Edukasi ke masyarakat terus dilakukan dengan cara mengsosialiasikan protokol kesehatan serta pola hidup bersih dan sehat.

"Kita terus sosialikasikan protokol kesehatan, terutama 3 M yaitu itu mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak aman satu sampai dua meter," ujar Kepala Puskesmas Teluk Pinang, H Kusma Hendra, S.Km, Jumat (02/10/2020).

Koordinasi lintas sektoral juga terus dilakukan Puskesmas Teluk Pinang dalam rangka penanganan wabah Covid-19, termasuk TNI-Polri.

"Setiap hari senin kita melakukan kegiatan lintas sektor, setiap pengunjung pasar kita lakukan pengecekan suhunya dan menerapkan protokol kesehatan," jelas Hendra.

Selain itu Hendra juga mengatakan, tenaga medis selalu disiagakan di pintu-pintu masuk Kelurahan Teluk Pinang, terutama pelabuhan transportasi yang ada di daerah tersebut.

Sebagaimana diketahui di Teluk Pinang juga terdapat jalur trasnpostasi laut langsung dari dan ke Batam, Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Hendra beraharap dengan trens penyebaran yang terus meningkat, masyarakat diimbau agar tetap disipilin dan mematuhi protokol kesehatan serta aturan yang dikeluarkan pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Harapan kita zero, jadi kita memgimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan," tutup Hendra. (Gallery Dinkes Inhil)


Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Rahmi Indrasuri, S.Km, KL, ML.

Kepala Puskesmas Teluk Pinang, H Kusma Hendra, S.Km

Petugas kesehatan Puskesmas Teluk Pinang melakukan screening para penumpang di pelabuhan Teluk Pinang

Petugas kesehatan Puskesmas Teluk Pinang melakukan screning di posko bombai yang merupakan pintu masuk ke Kelurahan Teluk Pinang

Puskesmas Teluk Pinang bersama lintas sektoral melakukan penyuluhan protokol kesehatan di pasar Teluk Pinang

Petugas Puskesmas Teluk Pinang melukan penyuluhan keliling

Puskesmas Teluk Pinang melakukan penyuluhan rutin bersama lintas sektoral setiap hari senin di pasar hari senin Teluk Pinang

Petugas kesehatan Puskesmas Teluk Pinang melakukan pemantauan ODP

Pukesmas Teluk Pinang bersama lintas sektoral melakukan penyemprotan desinfektan

Pelayanan di Puskesmas Teluk Pinang tetap berjalan dengan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan

Pelayanan di Puskesmas berjalan lancar, Pemeriksaan pasien gigi, petugas kesehatan dilengkapi APD lengkap saat melakukan tindakan

Screening di pelabuhan Teluk Pinang

Pengobatan di desa, kegiatan dengan protokol kesehatan

Kegiatan rapat di Puskesmas Teluk Pinang

Puskesmas Teluk Pinang menggelar rapat bersama tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil