Aksi Puskesmas Sungai Raya Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19

Senin, 05 Oktober 2020

INHILKLIK.COM - Dalam rangka pencegahan dan penanganan penyebaran virus covid 19, Puskesmas Sungai Raya, Kecamatan Batang Tuaka sebagai garda terdepan melakukan berbagai kegiatan secara berkala dan berkesinambungan.

Meski belum genap satu tahun diresmikan pada 23 Januari 2020 lalu, Puskesmas Sungai Raya berupaya melakukan aksi yang maksimal dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 serta pelayanan kesehatan lainnya.

Wilayah kerja Puskesmas Sungai Raya memiliki 2 posko yang terdapat di Desa Sungai Raya yang merupakan pintu masuk ke desa Tanjung Siantar dan Sungai Junjangan dan posko Kuala Sebatu yang merupakan pintu masuk ke desa Pasir Mas.

Di setiap posko, petugas kesehatan bersama lintas sektor terkait melakukan pengecekan terhadap keluar masuknya orang ke desa.

“Setiap hari pasar kita pihak Puskesmas berkoordinasi dengan lintas sektor yaitu dari pemerintah desa, babinkamtibmas, babinsa untuk pengecekan suhu dan mensosialisasikan tentang protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh pedagang dan pengunjung pasar," ujar Plt. Kepala Puskesmas Sungai Raya, Masnaria, SKM, MAP, Senin (05/09/2020).

Masnaria juga menambahkan pihaknya bekerjasama dengan pemerintah Desa Sungai Raya, Muslimat NU dan Pemerintah Kecamatan  untuk melakukan sosialisasi tentang Peraturan Bupati No.50 tahun 2020.

Peratuaran Bupati Inhil tersebut berisi tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19.

"Dengan ini diharapkan masyarakat dengan kesadaran sendiri dapat melakukan protokol kesehatan,” jelas Masnaria.

Masnaria berharap dengan sosialisasi dan semua kegiatan yang telah dilakukan masyarakat dapat disiplin dan mematuhi protokol kesehatan sehingga penyebaran covid 19 ini dapat dihentikan. (Gallery Dinkes Inhil)


Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Rahmi Indrasuri, S.Km, KL, ML.

Plt. Kepala Puskesmas Sungai Raya  Masnaria, SKM, MAP.

Puskesmas Sungai Raya, Kecamatan Batang Tuaka

Pemeriksaan sebelum masuk ke Puskesmas

Pemeriksaan di posko pintu masuk Desa Sungai Raya

Melakukan penyemprotan disinfektan

Pemantauan Orang Dalam Pengawasan (ODP)

Pemeriksaan pedagang dan pengunjung pasar

Sosialisasi di desa bersama lintas sektor

Memberikan edukasi ke masyrakat tentang protokol kesehatan Covid-19

Monitoring penegakan disipilin penerapan protokol kesehatan Covid-19 bersama lintas sektor.