Yuk Intip Keindahan Danau Mablu di Pulau Basu

Rabu, 10 Februari 2021

INHILKLIK.COM - Danau Mablu adalah salah satu destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Lokasinya di Pulau Basu, Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau. Secara luas, posisinya di pesisir timur Sumatera.

Danau dengan air tawar ini memiliki beragam jenis fauna, khususnya spesies burung yang tersebar di sekitar kawasan tersebut. Danau itu merupakan persinggahan burung migrasi. Burung-burung migran itu umumnya berasal dari Asia Selatan. Namun, tak jarang juga berasal dari Australia dan Asia Timur.

Salah satu spesies burung migran tersebut adalah burung Kedidi (Calidris). Burung Kedidi (Calidris) biasanya akan bermigrasi saat musim kawin. Kalau musim salju di tempat asalnya, maka kemungkinan besar Burung Kedidi juga akan migrasi dan bermain di arena Danau Mablu.

Pengunjung juga dapat menemukan pohon Nyirih, kayu Api-api, pohon Nibung ataupun Pinang Merah, pohon Terentang, serta ribuan spesies belukar lainnya, termasuklah Bunga Anggrek. Bahkan tidak kalah uniknya, disana ternyata juga ada pohon Semar atau dikenal juga dengan sebutan Periuk Beruk yaitu tumbuhan si pemakan serangga.

Yuk kita lihat bagaimana potret keindahan Danau Mablu. (Gallery Disparporabud Inhil)


Pulau timbul di Danau mablu yang bisa bergerak atau berpindah-pindah.

Burung Kedidi (Calidris) bisa ditemukan di Danau Mablu.

Pemandangan Danau Mablu.

Keindahan Flora di Danau Mablu.

Burung Kedidi (Calidris) hinggap diatas pohon mangrove di Danau Mablu.

Danau mablu juga ditemukan Periuk Beruk yaitu tumbuhan si pemakan serangga.

Terlihat pengunjung menyisiri Danau mablu menggunakan perahu pompong.

Indahnya suasana di Danau Mablu.