Potret Keindahan Pantai Solop yang Bikin Kamu Nggak Sabar Pengen Kesana

Jumat, 05 Maret 2021

INHILKLIK.COM - Pantai Solop menjadi salah satu pantai andalan Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Pantai ini terletak di Kecamatan Mandah, Desa Pulau Cawan. Keunikan pantai ini bisa dilihat dari pasir putihnya.

Tak sama dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Solop memiliki pasir putih atau yang lebih sering disebut dengan pasir sirsak. Pasir ini terbentuk dari fosil-fosil kerang yang sudah hancur cukup lama hingga membentuk pasir-pasir putih di tepi pantai.

Selain itu, pantai ini juga dikelilingi tanaman mangrove atau bakau yang menjadi salah satu pemandangan menarik dan indah. Uniknya lagi, warna air di pantai ini coklat, berpadu dengan pasir putih yang berbeda dari pasir-pasir lain yang ada di Indonesia.

Pantai Solop terletak di jalur yang strategis, yakni menghubungkan perairan Indragiri Hilir dengan daerah pesisir lainnya yang ada di Riau seperti Bengkalis, Batam hingga ke Kepulauan Riau. Pantai ini juga dapat menghubungkan jalur perairan Indragiri Hilir dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Pantai ini juga dikelilingi pulau-pulau kecil yang indah. Salah satu pulau yang menyimpan cerita rakyat tempatan adalah Pulau Sangkar Ayam. Legenda cerita rakyat Inhil cukup dikenal dari pulau tersebut.

Apa saja yang bisa Anda nikmati di Pantai Solop? Seperti umumnya wisata pantai, di sini para wisatawan bisa menikmati panorama yang indah. Pasir putih, air pantai yang unik berwarna coklat dan pemandangan mangrove yang indah. Banyak juga pengunjung yang berenang di air pantai. Ada juga yang hanya sekedar santai di tepi pantai menikmati pemandangan.

Bila Anda seorang vlogger atau fotografer, ada banyak spot menarik di sini yang bisa Anda abadikan dalam video dan gambar. Bahkan banyak pasangan yang memilih membuat foto prewedding di Pantai Solop. Pantai ini juga cocok untuk dijadikan lokasi syuting film pendek, apalagi film-film lokal bertema daerah setempat.

Buat Anda yang suka bermain di air, di pantai ini juga pengunjung bisa menikmati banana boat yang tersedia. Cukup menjadi hiburan untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai.

Di kawasan pantai ini, pengunjung juga bisa menikmati panggung hiburan pada waktu-waktu tertentu. Pemerintah setempat sengaja membuat acara-acara hiburan untuk menarik minat para wisatawan berkunjung ke Pantai Solop.

Yuk kita lihat indahnya pemandangan di Pantai Solop. (Gallery Disparporabud Inhil)


Pemandangan Pantai Solop dari udara.

Traking mangrove di Pantai Solop.

Indahnya Pantai Solop dengan bentangan pantai sersahnya.

Para pengunjung menikamti keindahan Pantai Solop.

Di patai Solop kamu bisa baring-baring santai berayunan diantara pohon-pohin bakau yang menjulang tinggi.

Pemerintah kabupaten Inhil terus menggenjot infratruktur untuk memperindah pantai Solop.

Salah satu home stay di Pantai Solop yang bisa dijadikan tempat kamu menginap.

Pemandangan Pantai Solop.

Pantai Solop.

Pemdangan Pantai Solop.