Potret Komplek Pemakaman Syekh Abdurrahman Siddiq di Kampung Hidayat, Indragiri Hilir

Senin, 26 April 2021

INHILKLIK.COM - Makam Syekh Abdurrahman Siddiq terletak di Kampung Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra), Kabupaten Indragiri Hilir. Dari Tembilahan untuk menuju pelabuhan Hidayat  menggunakan speedboat selama ± 30 menit atau menggunakan perahu pompong selama ± 2 jam. Dari pelabuhan Hidayat, lokasi tidak terlalu jauh dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Makam Syeikh Abdurrahman Siddiq terdiri dari sebuah jirat dengan dua buah batu nisan yang terletak di bagian kaki dan kepala jirat. Makam ini terletak pada sebuah bangunan. Selain makam Syekh Abdurrahman Shiddiq pada komplek pemakaman tersebur juga terdapat beberapa makam lainnya keturunan beliau.

Jirat makam Syekh Abdurrahman Shiddiq berbentuk persegi panjang bertingkat tiga dengan ukuran tingkat paling bawah panjang 2 m dan lebar 1,7 dan setiap tingkatnya berjarak 0,25 m. Tinggi dari lantai dasar ke jirat paling tinggi sekitar 1,15 m. Jirat ini terbuat dari bata berlepa yang dilapisi dengan keramik berwana putih. Jirat ini merupakan bangunan baru yang dibuat kemudian bersamaan dengan pembangunan cungkup makam pada tahun 2004. Pada sekeliling jirat diberi pagar berbentuk jeruji besi yang ditutup dengan tirai.

Sementara itu,  nisan  makam Syeikh Abdurrahman Shiddiq berbentuk balok dengan kepala nisan berbentuk kubah atau kuncup bunga. Nisan ini terbuat dari batu berukuran tinggi 50 cm. Nisan pada kepala jirat terdapat inskripsi yang diukir pada lempengan batu marmer yang ditempel pada bagian badan nisan. Inskripsi tersebut memuat identitas orang yang dimakamkan (Syeikh Abdurrahman Siddiq) beserta waktu wafatnya (4 Sya’ban 1358 H). Adapun bangunan cungkup makam berdenah segi delapan  (oktagonal) yang masing-masing sisinya berukuran panjang 3 m. Bangunan ini terbuat dari bata berlepa dengan atap berbentuk tumpang tiga yang terbuat dari seng.

Berikut beberapa potret Makam Syekh Abdurrahman Siddiq. (Gallery Disparporabud Inhil)


Foto Syekh Abdurrahman Siddiq.

Pelabuhan Hidayat, Desa Teluk Dalam.

KubaH Syekh Abdurrahman Siddiq.

Penampakan Komplek Syekh Abdurrahman Siddiq

Kubah Syekh Abdurrahman Siddiq.

Makam keturunan Syekh Abdurrahman Siddiq

Syekh Abdurrahman Siddiq

Makam keturuan Syekh Abdurrahman Siddiq

Pengunjung berIarah di makam Syekh Abdurrahman Siddiq.