Cegah Stunting, Puskesmas Sapat Gelar Loma Balita Sehat dan Kader Aktif Kreatif

Selasa, 23 November 2021

INHILKLIK.COM - Berbagai upaya terus dilakukan UPT Puskesmas Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra) untuk melakukan pencegahan stunting.

Salah satunya melalui kegiatan lomba balita sehat dan lomba kader posyandu aktif kreatif yang dilaksanakan belum lama ini di gedung olahraga Kecamatan Kuindra.

Juri dari kegiatan tersebut yaitu Shelly R. A selaku Ketua TP PKK Kecamatan Kuindra, Purnama selaku Ketua TP PKK Kelurahan Sapat, Eka Saprida selaku Ketua Bunda PAUD Kelurahan Sapat, Endang Suratmi selaku Kepala UPT Puskesmas Sapat dan Perwakilan dari Kesga Dinkes Inhil.

Kepala Puskesmas Sapat, Endang Suratmi, S.ST, M.Km mengatakan Usia Bawah Lima Tahun (Balita) adalah usia emas anak untuk dipantau tumbuh dan kembangnya.

Endang menyampaikan mengatakan pengetahuan dan keaktifan kader posyandu juga sebagai salah satu faktor penyebab tinggi atau rendahnya kunjungan balita ke posyandu.

"Jika angka kunjungan balita rendah maka tidak terpantau sejak dini tumbuh dan kembang anak. Oleh karena itu kegiatan Lomba Balita Sehat dan Lomba Kader Aktif Kreatif sangat penting dilakukan," ujar Endang kepada Inhilklik.com, Senin (22/11/2021).

Kegiatan tersebut mendapat respon yang sangat postif dari masyarakat, khususnya para orang tua balita. Harapannya kegiatan ini bisa dilaksanakan di desa lain agar tumbuh kembang anak bisa terpantau sejak dini dan stunting bisa dicegah.

"Kegiatan ini membuat kami semakin semangat karena kami semakin mengerti tentang pentingnya hadir di posyandu" ungkap Ayu, salah seorang ibu balita.


Kepala Puskesmas Sapat, Edang Suratmi bersama para dewan juri.

Kegiatan perlombaan berlangsung sangat meriah.

Para peserta mengikuti kegiatan perlombaan dengan antusias

Suasana kegiatan perlombaan.