Siswa Sekolah di Inhil Dipermudah Akses Buku-buku di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah

Senin, 05 September 2022

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Para siswa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dipersilakan untuk datang berkunjung dan mengakses buku-buku yang ada di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah, Jalan Pendidikan Tembilahan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Inhil, H Tengku Eddy Efrizal melalui Fungsional Pranata Humas DPAD, Ase saat berbincang dengan awak media, kemarin.

Dikatakannya, keberadaan gedung ini bisa diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat, apalagi bagi para siswa atau pelajar yang ingin mencari buku-buku referensi belajarnya.

"Kita akan berikan pelayanan yang terbaik dan kemudahan bagi para pengungjung, khususnya anak-anak kita yang ingin mencari buku dan ilmu pengetahuan," ujar Ase.

Waktunya pun tidak dibatasi, karena gedung tersebut bisa diakses selama jam kerja berlangsung dan terbuka untuk umum.

"Jadi, untuk anak-anak kita bisa datang saat jam sekolah, ketika ada pelajaran yang berhubungan dengan perpustakaan atau butuh buku-buku penunjang dari perpustakaan," terang Ase.

Dengan begitu, lanjutnya, diharapkan mampu menumbuhkan minat baca generasi muda sejak dini, dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Apalagi, saat ini minat membaca masyarakat masih rendah, budaya membaca masih dianggap asing dan bukan suatu kebutuhan. Padahal, dengan membaca dapat membuka jendela dunia serta memperluas cakrawala dan pengetahuan.

"Salah satu cara untuk mengenalkan budaya membaca adalah melalui perpustakaan, karena perpustakaan menyediakan bahan bacaan yang lengkap, murah dan berkualitas," imbuhnya.


Terlihat para siswa sedang memilih buku-buku yang dipajang di rak buku

Para siswa membaca buku di meja yang telah disiapkan oleh pihak pengelola pustaka

Para siswa belajar sambil berdiskusi dengan teman-temannya

Siswa berinteraksi dengan para pendidik

Suasana saat siswa berkunjung ke Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah

Selain meja baca, pengelola jg menyiapkan meja lesehan untuk siswa yang berkunjung