Bentuk Sinergi, Kecamatan Batang Tuaka Gelar Simulasi Pengendalian Karhutla

Senin, 03 Oktober 2022

INHILKLIK.COM - Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir melakukan simulasi terkait pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Sabtu 1 Oktober 2022 lalu.

Simulasi penanganan Karhutla tersebut diselenggarakan oleh Forkopimcam Batang Tuaka bersama BPBD Kabupaten Inhil, pihak RPK PT BDL, MPA se Kecamatan Batang Tuaka dan Kepala Desa se Kecamatan Batang Tuaka yang berlokasi di Desa Sungai Rawa. 

Camat Batang Tuaka Rehelmi S.Pd M.Si menyebutkan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yakni sebagai bentuk respon positif Forkopincam Batang Tuaka dalam upaya pengendalian Karhutla serta merupakan upaya dalam menyikapi kejadian kebakaran di wilayah kerja perusahaan.

"Pihak manajemen merasa perlu untuk meningkatkan kapasitas Masyarakat Peduli Api (MPA) pada setiap desa di Kecamatan Batang Tuaka," ungkap Camat Batang Tuaka.

Ditambahkannya, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk sinergitas antara Forkopincam bersama RPK perusahaan dan MPA sehingga terus digalakkan dalam rangka menjaga zero fire di wilayah Kecamatan Batang Tuaka. 

"Juga untuk menciptakan upaya kerjasama dalam pengendalian Karhutla di unit kerja masing-masing terutama di wilayah Kecamatan Batang Tuaka. Selain itu juga sebagai edukasi langkah-langkah yang harus dilakukan masyarakat menjadi lebih tanggap apabila terjadi Karhutla, dapat memadamkan api secara mandiri sembari menunggu petugas pemadam kebakaran," pungkasnya.


Forkopincam Batang Tuaka dan BPBD Inhil saat memberikan pengarahan kepada peserta simulasi

Forkopincam Batang Tuaka dan BPBD Inhil mempraktekkan penggunaan alat pemadam kebakaran

Pengarahan BPBD Inhil kepada MPA dan RPK

Camat Batang Tuaka bersama Forkopincam dan BPBD Inhil

Camat dan Forkopincam melihat Simulasi Pengendalian Karhutla

RPK dan MPA mendengarkan pengarahan

Praktek simulasi penanganan Karhutla