Dinkes Inhil Berangkatkan 25 Pasien Operasi Katarak Geratis

Ahad, 23 Oktober 2022

INHILKLIK.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berangkatkan 25 orang peserta dari 5 kecamatan di Inhil dalam rangka bakti sosial operasi katarak dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, keberangkatan tersebut dilaksanakan di Kantor Dinkes Inhil, Sabtu pagi (22/10/2022).

Selaku kepala Dinkes Inhil Rahmi Indrasuri melalui Sekertaris Dinkes Wanhar, memberikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak yang dilaksanakan di Pekanbaru, tentunya ini semua berkat dukungan masyarakat, UPT puskesmas terkait, RSUD Puri Husada Tembilahan, Dinas Kesehatan Kab. Inhil dan Dinas Kesehatan provinsi Riau, yang berupaya bersama sama mengatasi masalah ini dengan meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu.

"Dukungan dan kerjasama ini tentunya  melalui penyiapan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit Puri Husada yang telah bekerja sama dengan pihak Dinkes Kabupaten dan Dinkes provinsi dan upaya ini diperkuat dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) termasuk untuk pelayanan operasi katarak inj," ujar Sekretaris Dinkes Inhil Wanhar.

Lanjutnya, kegiatan ini tentunya sangat perlu dan dibutuhkan masyarakat yang kurang mampu sehingga pihaknya dan pihak lain yang bekerjasama benar benar meneliti ke akuratan data peserta yang melakukan pendaftaran operasi ini.

"Tersebar ke seluruh kecamatan Se-Inhil melalui link dan informasi untuk registrasi operasi katarak yang dilakukan dirumah sakit Awal Bros Pekanbaru, dan tentunya sudah dilakukan screening oleh dokter mata RSUD PH sebelum proses keberangkatan atau dirujuk ke Provinsi," katanya.

Terakhir, Kegiatan bakti sosial operasi katarak yang berlangsung selama tiga hari ini menjadi sebuah cerminan dan pesan moral bahwa hakikat menjadi seorang manusia seutuhnya adalah ketika mereka bisa bermanfaat bagi sesamanya.

"Terus melakukan hal yang baik bagi yang membutuhkan dan menebarkan semangat cinta kasih yang universal 'Bangkit Indonesiaku Sehat negeriku'," tutupnya Sekretaris Dinkes Inhil

Untuk ketahui, 54 Orang perserta yang mendaftar dari 12 kecamatan di Inhil dan yang lolos Screening 28 orang peserta dan yang diberangkatkan 25 orang peserta dan 3 peserta lainnya masih dalam keadaan sakit. (Gallery Dinkes Inhil)


acara oengarahan sebelum keberangkatan

acara oengarahan sebelum keberangkatan

acara oengarahan sebelum keberangkatan

acara oengarahan sebelum keberangkatan

Foto bersama

Foto bersama