Wakili Kepala DPAD Inhil, Kasubbag TU dan Perencanaan Hadiri Sosialisasi Perpustakaan dan Teknik Menulis bagi Pemula

Jumat, 04 November 2022

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Tim dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menghadiri sosialisasi pengenalan perpustakaan dan teknik menulis bagi pemula di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Tembilahan.

Tampak hadir dalam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi di sekolah tersebut, Kepala DPAD Inhil H Tengku Eddy Efrizal diwakili Kasubbag TU dan Perencanaan Ase, Kepala Sekolah dan Majelis Guru SMAN 2 Tembilahan, Narasumber serta para siswa yang menjadi peserta kegiatan.

Pada kesempatan itu, Kepala DPAD diwakili Kasubbag TU dan Perencanaan Ase menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, dalam rangka menguatkan kembali keberadaan perpustakaan di sekolah.

"Bagaimana perpustakaan kembali jadi pilihan para siswa dalam mencari ilmu baru. Selain lewat jejaring sosial media atau penguasaan internet, perpustakaan harus tetap bisa menjadi pilihan yang menyenangkan bagi para siswa," ujarnya saat menghadiri kegiatan, belum lama ini.

Dijelaskan Ase, pendidikan sesungguhnya bukanlah sekedar memberikan ilmu yang telah ada di kelas-kelas. Melainkan juga merangsang para siswa untuk selalu mengembangkan diri, bakat dan kemampuannya.

Dalam hal inilah, perpustakaan menjadi penyumbang bantuan yang sangat besar dan berguna bagi perkembangan dan kemajuan generasi bangsa, sehingga keberadaan perpustakaan sekolah yang berkualitas diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi para siswa untuk berkunjung dan belajar disana di luar kelas.

"DPAD juga terus berupaya agar perpustakaan tidak lagi dipandang sebelah mata dan bisa menjadi tempat yang menarik dikunjungi oleh siswa-siswa, khususnya untuk membaca dan mencari ilmu sambil berekreasi," tambah Ase.

Selain itu, lanjutnya, melalui kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menumbuhkan minat menulis sejak dini, sehingga ke depan para siswa mampu menghasilkan karya-karya yang dapat mendukung upaya membangun dan memajukan daerah terutama di bidang pendidikan.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat dan siswa-siswa yang menjadi peserta bisa mengambil ilmu dan pengetahuan yang diberikan oleh narasumber, untuk kemudian diterapkan dalam meraih keberhasilan dan kesuksesan di masa depan," pesan Ase.


Kasubbag TU dan Perencanaan DPAD Inhil Ase (tengah) bersama seluruh yang hadir menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Prosesi pembacaan do'a sebelum memasuki rangkaian kegiatan selanjutnya

Narasumber mengajak salah satu siswa untuk terlibat langsung dalam penyampaian materinya

Suasana saat kegiatan sedang berlangsung

Penyerahan buku dari narasumber kepada pihak sekolah

Foto bersama usai kegiatan