Kanal

Mengapa UNRI Berganti UR?

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Bagi Anda alumni Universitas Riau, pasti pernah mendengar sebutan atau panggilan kampus yang sudah ada sejak tahun 1962 ini dengan panggilan UNRI. Namun sekarang, Anda pasti mendengar sebutan Universitas Riau dengan sebutan UR.

Tahukah Anda kenapa singkatan Universitas Riau yang sebelumnya UNRI berubah menjadi UR? Perubahan singkatan UNRI berubah menjadi UR sudah dilaksanakan sejak tahun 2011. Hal ini diutarakan oleh Ashaludin Djalil selaku mantan Rektor Universitas Riau dan juga pelopor agar singkatan UNRI diubah menjadi UR.

"Sebenarnya ada tiga hal sepele kenapa saya merubah sebutan UNRI menjadi UR," terangnya, Rabu (1/3/2017).

Pria yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Riau selama dua periode ini menjelaskan, perubahan sebutan UNRI menjadi UR, yang pertama dikarenakan sering terjadinya kesalahan dalam penulisan SK. "Terkadang SK UNRI terbuat UNSRI, begitu juga sebaliknya," ujar Ashaludin Djalil seperti dilansir bertuahpos.com.

Selain itu, pria lulusan Universitas Kuala Lumpur, Malaysia ini menjelaskan pergantian singkatan Universitas Riau menjadi UR juga disebabkan karena pelafalan penyebutan dari warga daerah. "Kadang orang daerah menyebut UNRI dengan sebutan UNDRI. Biasanya ada orang-orang yang menambahkan huruf D saat pelafalan," ujarnya.

Terakhir, salah satu penyebab kenapa singkatan Universitas Riau berubah menjadi UR, karena terdapatnya Universitas Riau Kepulauan atau yang disingkat UNRI Kep di Batam. "Kalau di Batam itu kan swasta, kalo kami UNRI sudah jelas negeri," terang Ashaludin Djalil.

Mengenai perubahan singkatan yang diusulkannya, pria yang saat ini menjadi bagian dari Badan Restorasi Gambut Indonesia ini menerangkan, UR juga memiliki arti selain singkatan Universitas Riau. "UR itu bisa juga berarti U (You) R (Are), artinya kami berharap mahasiswa Universitas Riau semuanya You Are The Best," jelas Ashaludin Djalil. (yan/bpc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER