Kanal

Jiwa Kepemimpinan Dani M Nursalam Sudah Menonjol Sejak di Dunia Kampus, Pernah Jadi Ketua Senat dan Mahasiswa Berprestasi

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir, H Dani M Nursalam, S.Pi, M.Si, merupakan putera ke-6 dari pasangan H Abdul Halim Side (almarhum) dan Hj Norma Ahna, lahir 26 Oktober 1973.

Dani Menjalani masa kecil dan menempuh pendidikan dasar di SDN 003 Tembilahan (1981-1986). Kemudian menempuh pendidikan menengah, di SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu, lalu melanjutkan pendidikan ke luar Inhil di SMA 6 (sekarang SMA 8) Pekanbaru.

Setelah menamatkan pendidikan di SMA 6 Pekanbaru, Dani lalu meneruskan pendidikan pada Universitas Riau (UR), mengambil Program Studi Ilmu Kelautan di Fakultas Perikanan. Gelar MSi didapat dengan menempuh studi di Manajemen Publik Universitas Sutomo (2016).

Sejak masa-masa menempuh perkuliahan di UR, sebagaimana generasi muda lainnya yang sedang mencari jatidiri, Dani sudah tertarik terjun kedalam dunia kepemimpinan dan politik.

Sejak tahun 1993, Dani sudah dipercaya menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan di Fakultas Perikanan, setahun kemudian diberi amanah sebagai Ketua Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan.

Menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Perikanan, tahun 1996-1997. Pada tahun 1996 terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas dan Universitas Riau.

Dilatari pendidikan yang secara langsung bergelut dengan alam dan lingkungan, membuat saya juga aktif di organisasi pecinta lingkungan, sehingga ditunjuk sebagai Wakil Ketua Mahasiswa

Pecinta Lingkungan (Mapala) pada tahun 1995-1996. Saat ini, menggeluti olahraga touring dan jelajah alam, terutama bersepeda sampai ke ujung kampung di pelosok Indragiri Hilir.

Sampai kemudian terpilih sebagai Ketua Umum Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Indragiri Hilir (HIPPMIH) Pekanbaru, yang merupakan wadah berhimpun gabungan organisasi mahasiswa dari seluruh kecamatan di Kabupaten yang menempuh pendidikan di Kota Bertuah, Pekanbaru.

(Foto: Ketia mahasiswa, Dani aktif sebagai mahasiswa pencinta lingkungan Universitas Riau)

Setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dan kembali ke kampung halaman, kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, jiwa berorganisasi tetap tertanam kokoh dalam diri seorang Dani M Nursalam.

Sehingga Dani bergabung dan memilih aktif di organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Gerakan Pemuda Anshor Kabupaten Indragiri.


Pada tahun 2001 ia bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dari partai itulah kemudian pria keturunan Banjar dan Bugis itu mencalonkan diri memperebutkan kursi legislatif.

Pada Pileg 2014 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Inhil menjadi partai pemenang dan mengantarkan Dani M Nursalam menjadi Ketua DPRD Inhil untuk periode 2014-2019.

Sebelum memilih bergabung di partai politik (Parpol), Dani sempat melakoni berbagai pekerjaan mulai dari bekerja mengantar es sampai mencoba ikut tes menjadi abdi negara, PNS. Namun ternyata, suratan takdir mengantarkan Dani justru harus terjun ke dunia politik praktis yang tidak linier dengan pendidikan tinggi yang Ia tempuh, yaitu Ilmu Kelautan. (ard)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER