Kanal

Pembukaan Lomba Tingkat III Kwarcab Pramuka Sergai Tahun 2017

INHILKLIK.COM, SERGAI ,-  Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya selaku Wakil Ketua Majelis Bimbingan Cabang (Waka Mabicab) Sabtu (25/3), menghadiri upacara pembukaan Lomba Tingkat III Kwartir Cabang (LT III Kwarcab) Gerakan Pramuka Sergai Tahun 2017 yang berlokasidi Objek Wisata Pantai Cemara Kembar Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ka. Kwarcab Pramuka Sergai Drs. Jhoni Walker Manik, MM, Kadisparbudpora Drs. Santun Banjarnahor, Sekretaris Kwarcab Hj. Irwani Jamilah, SH, Camat Perbaungan Gunawan JW Hasibuan, S.STP, Camat Pantai Cermin Imran Doni Fauzi, SE, Ketua KONI Sergai Siswanto, para andalan cabang, andalan ranting, instruktur, pembina, pandega dan ratusan pramuka penggalang peserta perlombaan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup)Wabup Sergai Darma Wijaya, saat membacakan sambutan Bupati Ir. H. Soekirman selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Sergai mengapresiasi kegiatan hari ini dan menyampaikan bahwa gerakan Pramuka harus memiliki prinsip dasar kemampuan dan metode kepramukaan, sasaran kepemimpinan yang berjiwa Pancasila, disiplin, sehat mental, moral dan fisiknya berjiwa patriot serta berkemampuan untuk berkarya dengan semangat kemandirian, bertanggung jawab, peduli dan komitmen terhadap kode kehormatan pramuka.

Kegiatan perlombaan hari ini merupakan salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi peserta untuk berprestasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran gerakan pramuka. Berlomba dalam gerakan pramuka bukan untuk menang, tetapi untuk meningkatkan ketahanan spiritual, emosional, social, intelektual dan fisik, katanya.

Menutup sambutannya Wabup meminta kepada para peserta agar mengikuti perlombaan ini dengan sebaik-baiknya dan tetap menjaga kesehatan, keselamatan, persatuan, persaudaraan serta kekompakan sebagai Pramuka di Kwarcab Pramuka Sergai.
 
Kiranya dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat melahirkan pemuda yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, profesional, unggul, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab guna menjadi generasi yang bebas penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, tindak anarkis dan kriminal lainnya yang dapat merugikan masa depannya dan juga masa depan bangsa Indonesia, papar Darma Wijaya.

Sementara ituKetua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Sergai Drs. Joni Walker Manik dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Kwarcab Hj. Irwani Jamilah, SH menyampaikan tujuan kegiatan yang bertema Cerdas, Mandiri, Prestasi dan Persaudaraan ini adalah sebagai sarana meningkatkan prestasi serta evaluasi kualitas hasil pembinaan anggota Gerakan Pramuka Golongan Penggalang di gugus depan.

Sedangkan peserta kegiatan berjumlah 454 orang yang merupakan regu terbaik hasil seleksi dan pendamping di Kwartir Ranting masing-masing berasal dari 13 Kecamatan.Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 25 s/d 28 Maret 2017. Adapun kegiatan yang diperlombakan sebanyak 26 jenis, diantaranya kepribadian peserta, administrasi regu, lomba pidato bela negara, baris berbaris, lomba cepat tepat kepramukaan, semaphore/sandi/morse, P3K, pioneering, hasta karya, tapak perkemahan, tali dan ikatan, kompas, yel-yel pramuka, tari kreasi daerah serta materi non lomba yaitu upacara, api unggun, mendayung dan nonton bareng film pendidikan.

Pada kesempatan tersebut Wabup Darma Wijaya didampingi Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ka Kwarcab Pramuka Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM berkesempatan meninjau kesiapan peserta termasuk tenda dan kesiapan lainnya dalam mengikuti berbagai jenis perlombaan yang akan dilangsungkan.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER