Kanal

Tersebarnya Foto Anggota Pramuka Makan Berlapak Tanah Coreng Nama Pramuka

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Tersebarnya foto anggota pramuka yang makan di atas tanah tanpa alas membuat heboh. Lebih disayangkan lagi hal tersebut dilakukan dengan alasan sebagai bentuk hukuman.

Hal tersebut disesalkan banyak pihak, terutama bagi sesama Pramuka. Seperti yang dikatakan Ketua Dewan Racana Suska, Muhammad Reza Pahlevi “Itu jelas tidak tepat dan tidak mendidik sekali pun sebagai bentuk hukuman,” ujarnya, Senin (27/03/2017).

Reza sampaikan hal ini menjadi pembelajaran terutama bagi Pramuka Racana Sultan Syarif Kasim Riau Gugusdepan 08-059 UIN Suska Riau. “Sepengetahuan saya itu baru pertama. Harusnya walau salah tetapi tidak seperti itu, apalagi hanya untuk kesenangan hati pembina,” katanya.

Reza sampaikan Pramuka lebih berorientasi untuk kekompakan bukan penghukuman seperti makan di atas tanah. “Orientasi kita makan menyatu dengan alam, kedisiplinan. Pemberian hukuman juga yang memotivasi, tidak merendahkan orang lain,” sesalnya.

Reza berharap hal tersebut tidak ditiru oleh Pramuka lainnya. Sebab tidak sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka.

Seperti yang diketahui Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia Adhyaksa Dault menyayangkan hal tersebut. Bahkan Adhyaksa Dault menyampaikan bahwa panitia acara Pramuka yang fotonya tersebar akan diberi sanksi dan pembinaan. (bpc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER