Kanal

HM Wardan Berharap Peralihan Kewenangan SMA dan SMK Ke Provinsi Dapat Memberikan Dampak Positif

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan meyakinkan, ihwal peralihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK akan memberi dampak positif.

Hal tersebut diungkapkannya ketika menyampaikan kata sambutan dalam kegiatan Silaturrahmi Gubernur Riau dengan pendidik dan tenaga kependidikan se-Kabupaten Inhil di Gedung Engku Kelana Tembilahan, Senin (27/3/2017) kemarin.

"Sebelum tahun 2002, khususnya SMA/SMK memang merupakan kewenangan dari pihak Pemprov yang ditangani oleh sebuah Kantor Wilayah. Namun sejak tahun 2002, kewemangan itu beralih ke Kabupaten/Kota. Kini, terjadi lagi peralihan kewenangan. Saya meyakini, peralihan kali ini, akan memberi efek positif terhadap upaya pengembangan SMA/SMK, khususnya di Kabupaten Inhil," kata Wardan.

Peralihan kewenangan saat ini, diungkapkan Wardan, sudah diproses sejak November tahun 2016 lalu. Dan, direalisasikan pada tahun 2017. Yang mana, pengelolaan dan hal-hal administratif akan diserahkan kewenangannya kepada provinsi. Berdasarkan peraturan perundang-undangan.

"Dengan keterbatasan anggaran yang dialami Kabupaten Inhil. Penyerahan kewenangan ini diharapkan, dapat meningkatkan pelaksanaan upaya pembinaan dan pengawasan serta lainnya. Sebab, jika dibandingkan dengan Kabupaten, dari sisi pendanaan, APBD Provinsi Riau jauh lebih besar," jelasnya.

Namun demikian, ditegaskan Wardan, dengan peralihan yang dilakukan, tidak serta-merta membuat Pemerintah Kabupaten Inhil melepas tanggung jawab terhadap SMA/SMK di Kabupaten Inhil.

"Masih ada tanggung jawab dari Pemkab Inhil yang harus dilaksanakan, salah satunya seperti, pengembangan lembaga pendidikan," ucap Wardan.

Lebih lanjut, menyoal tentang sertifikasi para guru, baik guru yang menyandang predikat sebagai Aparatur Sipil Negara maupun guru bantu, dari data Disdik, Wardan mengatakan, didapat angka 531 orang guru yang belum memiliki sertifikat di Kabupaten Inhil. (rtc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER