Kanal

Inhil Berencana Pecahkan 2 Rekor Muri Sekaligus Pada Festival Kelapa Internasional

INIHLKLIK.COM, INDRAGIRI HILIR - Pada pelaksanaan Festival Kelapa Internasional mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menargetkan untuk memecahkan 2 rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sekaligus.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda), H Said Syarifuddin saat workshop dalam rangka pemantapan persiapan Festival Kelapa Internasional, di Aula Lantai V (Lima) Kantor Bupati Inhil, Jalan Akasia Tembilahan, Selasa (11/4/2017).

Dalam workshop yang dibuka secara langsung oleh Bupati HM Wardan ini, turut hadir Kepala Subdirektorat Akses Perdagangan dan Investasi APEC Kementerian Perdagangan RI, Danang Prasta Danial beserta anggota dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Inhil.

Dikatakan Sekda Said, dua rekor Muri yang ingin dipecahkan tersebut, yakni meminum 10.000 butir kelapa secara serentak dan suguhan 500 jenis kuliner berbahan dasar kelapa.

Dimana, sebelum acara pembukaan festival kelapa internasional secara resmi dimulai, lanjut Said, perwakilan dari 18 negara yang berpartisipasi akan dijamu dalam Welcome Party di Kediaman Dinas Bupati Inhil.

"Setelah acara seremoni pembukaan Festival Kelapa Internasional, acara akan dilanjutkan dengan pameran di lokasi penyelenggaraan dengan leading sektor Dinas Promosi Daerah," terangnya.

Kemudian, juga akan diadakan pemeran, seminar, temu bisnis dan ditutup dengan kegiatan field trip bagi peserta. Yang mana, pihak penyelenggara akan mengajak negara partisipan untuk mengunjungi lokasi pengolahan kelapa terpadu yang menggunakan teknik tradisional hingga modern.

"Kunjungan ditujukan ke lokasi pengolahan yang dilakukan oleh masyarakat dengan teknik tradisional, mulai dari pemetikan kelapa hingga pengolahan menjadi bahan jadi siap konsumsi. Begitu pula, dengan pengolahan secara modern yang dilakoni oleh perusahaan-perusahaan industri berbasis kelapa," katanya.

Sekda Said juga menyampaikan, dalam seminar tentang kelapa dan temu bisnis yang merupakan upaya  mempertemukan pihak pengelola bisnis dan masyarakat petani kelapa, serta Pemerintah selaku regulator perkelapaan.

"Leading sektor seminar tentang perkelapaan ini, nantinya adalah Dinas Perkebunan Inhil. Akan ada 3 pihak yang menjadi pembicara dalam seminar, yakni dari Prancis, Papua Nugini dan dari Indonesia sendiri yang akan diwakili oleh salah seorang guru besar dari IPB. Selain itu, Pemkab Inhil selaku penyelenggara akan mengundang Menteri  Pertanian RI sebagai keynote speaker," tambahnya.

Setelah beberapa kegiatan tersebut dilaksanakan, pihak penyelenggara, dijelaskan Sekda Said, juga akan melakukan pemutaran film dokumenter tentang aktifitas perkelapaan di Kabupaten Inhil.

"Pemutaran film dokumenter ini juga nantinya akan ditonton oleh perwakilan dari 18 negara partisipan," tukasnya.

Sedangkan Kepala Subdirektorat Akses Perdagangan dan Investasi APEC Kementerian Perdagangan RI, Danang Prasta Danial menyatakan bahws kegiatan ini akan disupport oleh pemerintah pusat, dalam rangka mempromosikan potensi Indonesia.

Untuk itu, diharapkan kepada panitia atau Pemkab Inhil, agar sesegera mungkin memfinalisasi Rundown acara.

"Saat rundown acara telah selesai, maka kami (Kemendag RI, red) akan mencoba mengajukannya kepada staf Wapres (Wakil Presiden), Jusuf Kalla, dengan harapan Beliau bisa turut menghadiri Faestival Kelapa Internasional ini nantinya," terangnya.

Untuk diketahui, Festival Kelapa Internasional yang diselenggarakan guna memperingati Hari Kelapa se-Dunia yang jatuh pada tanggal 2 September 2017, dan Kabupaten Inhil dipercayakan untuk menjadi Tuan Rumah bagi 18 negara yang terhimpun dalam Asian and Pacific Coconut Community (APCC).

Pada festival Kelapa Internasional yang nantinya akan dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara, seperti seni budaya, seminar, temu bisnis, field trip dan suguhan 500 jenis kuliner berbahan dasar kelapa, diselenggarakan selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 9 September hingga 11 September 2017. (loc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER