Kanal

Facebook Bikin Helikopter untuk Sebarkan Internet

INHILKLIK.COM, SAN FRANCISCO - Di ajang konferensi developer F8, Facebook mengenalkan teknologi baru untuk memperluas akses internet. Teknologi tersebut adalah helikopter kecil dengan kabel listrik dan kabel serat optik untuk memberikan koneksi.

Facebook menyebut teknologi ini sebagai Tether-tenna. Hal ini seperti tethering dengan telefon Anda agar bisa menggunakan perangkat lain dengan koneksi telefon Anda, namun jelas berbeda dalam tampilannya dan juga berbeda secara fungsional.

"Jika garis serat masih bagus sampai titik tertentu, kita bisa membuat menara virtual dengan menerbangkan Tether-tenna beberapa ratus kaki dari tanah. Setelah selesai, teknologi ini bisa segera dipasang dan beroperasi berbulan-bulan pada suatu waktu untuk mengembalikan konektivitas jika terjadi keadaan darurat," kata director of Facebook’s connectivity program Yael Maguire dalam posting-an blog yang dikutip dari Venture Beat, Kamis (20/4/2017).

Tether-tenna memiliki kemiripan dengan drone Facebook’s Aquila yang memancarkan internet dari langit. Aquila tidak memiliki pengemudi manusia dan kata Maguire di masa depan Tether-tenna juga akan bisa melakukan fungsinya tanpa pilot manusia selama berbulan-bulan.

Facebook juga telah mengembangkan hardware jalur akses nirkable OpenCellular serta antena untuk mengantarkan internet di daerah perkotaan dan pedesaan. OpenCellular merupakan bagian dari Telecom Infra Project (TIP) dan Facebook berkolaborasi dengan pihak ketiga termasuk Deutsche Telekom dan Nokia.
(okz)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER