Kanal

India Bangun Patung Tertinggi di Dunia

INHILKLIK.COM, MUMBAI – India dilaporkan sedang memulai proses pembangunan patung yang diklaim tertinggi di dunia. Tidak kira-kira, patung itu akan memiliki tinggi 192 meter dan bakal menjulang di wilayah Pantai Mumbai.

Patung Shivahi, pimpinan India dari abad 16, diklaim akan selesai pada 2019. Patung itu dibangun di sebuah daratan yang terbentuk dari hasil reklamasi Laut Arab.

Sebagaimana dikutip dari Sky News, Minggu (25/12/2016), patung tersebut akan menghabiskan dana sekira 36 miliar rupee atau Rp7,1 triliun untuk menyelesaikannya dan proyeknya telah dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

Jika selesai nanti, patung itu akan jauh lebih tinggi dari patung tertinggi di dunia saat ini yaitu patung Buddha yang berada di Provinsi Henan, China. Namun proyek pembangunan Patung Shivaji ini menuai kritikan tajam dari warga India.

Lebih dari 29 ribu orang menandatangani petisi yang meminta pemerintah untuk menghabiskan dana itu di sektor pengembangan dan infrastruktur India. “Terlepas dari penghamburan uang, patung tersebut juga buruk untuk lingkungan, untuk situasi lalu-lintas dan mimpi buruk keamanan di Bombay Selatan,” tulis petisi di Change.org.  (okz)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER