Kanal

Bulan Ramadhan, Pelajar di Arab Hanya Belajar Lima Jam Sehari

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Selama bulan puasa atau Ramadhan, beberapa lembaga pemerintahan di beberapa negara seperti Indonesia dan Arab Saudi telah mengumumkan pengurangan jam kerja. Begitu pula untuk jam belajar di sekolah.

Di Arab Saudi, Menteri Pendidikan telah mengumumkan para siswa hanya akan belajar selama lima jam, terhitung sejak tanggal 28 Mei 2017.

"Jam sekolah selama bulan Ramadhan di seluruh sekolah dilaksanakan maksimal lima jam," kata Menteri Pendidikan Arab Saudi seperti dikutip dari Gulf News, Rabu (24/5/2017).

Namun ada perbedaan antara siswa dan siswi. Para siswa akan memulai pelajaran lebih awal yakni jam 8 pagi waktu setempat, sementara para siswi baru memulai satu jam setelahnya atau jam 9.

Menteri Pendidikan Arab Saudi mengatakan, satu jam pelajaran dibatasi menjadi 40 menit, sementara untuk jam istirahat akan dikurangi 10 menit.

Begitu juga upacara pagi yang akan dihentikan dan digantikan dengan menanyikan lagu kebangsaan sebelum kelas dimulai.

Tiap sekolah juga diinstruksikan untuk menghentikan sementara pelajaran olahraga atau kegaiatan lain yang menguras fisik selama bulan Ramadhan. Para siswa juga dilarang terkena sinar matahari langsung yang panas untuk menghindari resiko kelelahan dan dehidrasi. (arah)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER