Kanal

Bhabinkamtibmas di Inhil Diminta Lebih Berperan Aktif Menyerap Aspirasi Masyarakat

INHILKLIK.COM, INDRAGIRI HILIR - Kapolres Indragiri Hilir (Inhil) AKBP Dolifar Manurung memerintahkan para Bhabinkamtibmas di Jajarannya untuk lebih berperan aktif berbaur dalam menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat.

Hal itu dikatakan Kapolres dalam Analisa dan Evaluasi Kinerja Bhabinkamtibmas Polres Inhil tahun 2017 di Aula Bhakti Rekonfu Polres Indragiri Hilir, Jumat (4/8/2017).

Waktu itu, beberapa arahan yang disampaikan Kapolres, diantaranya bahwa dalam Anev Polda Riau pada hari Selasa tanggal 1 Agustus 2017 lalu, disampaikan beberapa hal yang menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas, yaitu tentang penanggulangan Karhutla dan menyikapi perubahan iklim yang ekstrim yang menimbulkan potensi Karhutla, diharapkan Bhabinkamtibmas harus punya data tentang hal tersebut.

"Tugas Bhabinkamtibmas adalah mencatat di buku Bhabinkamtibmasnya tentang adanya titik hotspot (titik panas) atau pun Firespot (titik api) di desa binaannya lengkap dengan lokasi, pemilik dan titik koordinatnya. Selain itu, para Bhabinkamtibmas juga mengusahakan pemadaman awal terhadap lahan yang terbakar, dengan bekerja sama dengan Babinsa, MPA dan Perusahaan Perkebunan bila ada," katanya.

Saat ini, di beberapa desa telah ada sebanyak 30 unit alat pemadam kebakaran yang didistribusikan oleh Poda Riau, BPBD dan bantuan dari anggota Dewan. Terhadap alat yang sudah ada, agar dirawat dengan baik, dan kalau rusak segera diinformasikan kepada yang menghibahkan, untuk dicarikan solusi cara memperbaikinya.

"Bagi yang sudah mempunyai mesin tersebut, lakukan simulasi, agar ketika dibutuhkan, petugasnya bisa langsung beraksi dan tidak canggung lagi," tuturnya.

Terkait pelaksanaan Pemilu Kada Gubernur Riau dan Bupati Inhil akan dimulai tahapannya pada bulan September. Sebagai pendahuluan, ada Pemilihan Kepala Desa serentak, pada 58 Desa  di Kabupaten Inhil. Dari Desa-desa yang melaksanakan, ada beberapa Bhabinkamtibmas, yang bertugas di Desa - Desa tersebut.

Diingatkan kepada para Bhabinkamtibmas jangan menganggap remeh atau under estimate pada Pilkades tersebut. Indikator keberhasilan Bhabinkamtibmas adalah Desanya berhasil memilih Kades dan pelaksanaannya berjalan baik. Untuk Para Bhabinkamtibmas, wajib memantau dan mengikuti pelaksanaan kegiatan dan tahapannya. Hal itu, agar potensi potensi yang bisa menghambat dapat diketahui, dan dilaporkan kepada pimpinan. (mrc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER