Kanal

TNI di Inhil Bantu Salurkan Raskin Kepada Masyarakat

INHILKLIK.COM, TEMPULING - Petugas Penyalur Raskin dibantu Personil TNI dari Koramil 03/Tempuling Kodim 0314/Inhil, menyalurkan bantuan kepada keluarga penerima beras pra sejahtra (Raskin) di Desa Bayas Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau Jumat (04/08/17).

Koordiniator Penyalur Raskin Bapak Irma Wahyudi mengatakan, mereka menyalurkan Rastra/Raskin menggunakan kendaraan operasional di bantu Babinsa Serka Damrianto dari Koramil 03/Tempuling juga ikut serta. "Beliau bersama-sama dengan kami salurkan bantuan ke penerima," ujar  Irma Wahyudi

Babinsa Bayas Serka Damrianto mengatakan, total keseluruhan beras Rastra/Raskin yang di salurkan di Desa Bayas Jaya sebanyak 3275 Kg di bagi 415 KK dan secara umum ada sekira 8.000 jiwa warga  yang menerima raskin untuk menanggung beras bagi masyarakat miskin tersebut.

Sebelumnya, rastra dibanderol dengan harga Rp 25 ribu per 15 kilogram. Jika digratiskan, masyarakat tidak perlu lagi merogoh kocek setiap bulannya untuk mendapatkan kebutuhan pokok itu.

Beras bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah Raskin merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan sosial pada rumah tangga.

Sasaran keberhasilan program Raskin diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator 6 T yaitu : Tepat sasaran, Tepat jumlah, Tepat harga, Tepat waktu, Tepat kualitas, dan Tepat administrasi.

Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras dan mencegah penurunan konsumsi energi dan protein. Selain itu raskin bertujuan untuk meningkatkan/membuka akses pangan keluarga melalui penjualan beras kepada keluarga penerima manfaat dengan jumlah yang telah ditentukan. (adp/src)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER