Kanal

Polres Rohul Ungkap Laporan Palsu Perampokan di Kepenuhan

INHILKLIK.COM, PASIRPANGARAIAN - Hati-hati dalam membuat laporan ke polisi, apalagi membuat laporan yang direkayasa, bisa-bisa sebaliknya si pelapor yang berurusan dengan aparat hukum.

Seperti dilakukan Joko Februanto (30) warga Desa Tri Manunggal Jalur 6 Kecamatan Tapung, Kampar. Karena laporan palsu ke Polsek Kepenuhan‎, Rokan Hulu (Rohul) yang mengaku jadi korban perampokan, Joko harus meringkuk dibalik jeruji besi.

Rekayasa dilakukan tersangka Joko Februanto yakni berpura-pura bahwa dirinya jadi korban pencurian dengan kekerasan (Curas) atau perampokan dilakukan 4 pria tak dikenal pada Rabu (26/7/17) sekira pukul 08.30 WIB.

Untuk merekayasa perbuatannya dengan motif untuk menguasai uang pamannya Warsito sebesar Rp 15.450.000. Bahkan, Joko nekat menyayat lehernya sendiri pakai pisau yang sengaja dibawanya, hingga dirinya dirawat di Puskesmas Kepenuhan.

Namun, rekayasa kasus perampokan dilakukan Joko dengan pelapor Jaki Abdul Azis sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/ 44/ VII/ 2017/ Riau/ Res Rohul/ Sek. Kepenuhan, tanggal 26 Juli 2017, akhirnya berhasil diungkap Tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Rohul, Selasa (3/10/17) sekira pukul 00.30 WIB.

‎Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK, MH, melalui Kasat Reskrim Polres Rohul AKP M. Wirawan Novianto SIK‎ mengatakan laporan palsu kasus perampokan di Kepenuhan terungkap dari hasil penyelidikan dilakukan Tim Opsnal Satuan Polres Rohul, Selasa dini hari (3/10/17) sekira pukul 00.30 WIB.

‎Tidak menunggu lama, anggota Tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Rohul langsung bergerak dan menangkap tersangka Joko Februanto di rumahnya di Desa Tri Manunggal Jalur 6 Kecamatan Tapung, Kampar, tanpa perlawanan.

Dari tangan tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa 1 handphone merk Samsung warna hitam yang sebelumnya dilaporkan hilang oleh tersangka Joko.

Dari hasil interogasi dilakukan polisi terungkap, aksi perampokan dilaporkan pelapor Jaki Abdul Azis merupakan rekayasa dilakukan tersangka Joko sendiri.

Motif dilakukan tersangka saat kejadian Rabu pagi (26/7/17)‎ sekira pukul 08.30 WIB, Joko bersama Jaki Abdul Azis pergi ke bank BRI Unit Kota Tengah, Kecamatan Kepenuhan untuk transfer uang gaji kaplingan sebesar Rp ‎15.450.000 ke pamannya Warsito yang tinggal di Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Saat itu tersangka sudah merencanakan skenario, bahwa uang Rp 15.450.000 yang akan disetorkan tertinggal di rumahnya yang saat itu masih tinggal di Desa Kepenuhan Baru, Kecamatan Kepenuhan.

Setibanya Joko dan pelapor Jaki di bank BRI Unit Kota Tengah, tersangka Joko berpura-pura terkejut bahwa uang yang akan disetorkan tertinggal di rumah, sehingga Joko pulang sendiri ke rumahnya, sedangkan Jaki tetap tinggal di bank BRI.‎

Rupanya bukan pulang ke rumah. Sekira 100 meter dari bank BRI Unit Kota Tengah, tersangka Joko menyayat lehernya sendiri pakai pisau yang memang sudah dipersiapkan oleh tersangka yang sebelumnya dan diletakkan di bawah jok sepeda motor.

Setelah menyayat lehernya, tersangka langsung membuang pisau di kebun kelapa sawit warga. Namun saat membawa sepeda motor, tersangka terjatuh di pinggir jalan dan tidak sadarkan diri.‎

"Jadi tersangka sendiri yang menyayat lehernya pakai pisau yang memang sudah dibawanya," ungkap AKP M. Wirawan kepada wartawan, Rabu (4/10/17).‎

Tidak lama berselang, dua warga bernama Surianto dan Susanto (saksi) menolong Joko dan membawanya ke Puskesmas Kepenuhan di Kota Tengah.

Selama ini, diketahui tersangka Joko‎ yang merawat dan memanen kelapa sawit di kebun milik pamannya Warsito yang tinggal di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

AKP M. Wirawan mengatakan motif dilakukan tersangka Joko membuat laporan palsu ke Polsek Kepenuhan karena sebelumnya tersangka pernah meminjam uang ke pamannya Warsito, namun tidak dikasih.

"Dari pengakuan tersangka (Joko), karena tidak diberikan pinjam uang, tersangka membuat skenario untuk mengambil uang gaji Kaplingan milik pamannya," jelas Kasat Reskrim Polres Rohul.

"‎Saat ini tersangka sudah ditahan di Mapolres Rokan Hulu," tandas AKP M. Wirawan. (rtc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER