Kanal

11 Kali Donald Trump Memuji Vladimir Putin

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Presiden Donald Trump dikenal dengan mulut 'kasar' dan telah mengatai banyak orang penting, termasuk Paus Fransiskus, Senator Arizona John McCain, seorang reporter yang cacat, dan banyak lagi.

Tapi, dalam hal ini ada satu orang yang tampaknya menjadi pengecualian, yah dia adalah Presiden Rusia Vladimir Putin.

Selama hampir 18 bulan menjabat, Trump tidak pernah mengatakan sesuatu yang buruk tentang Putin. Yang aneh karena Rusia dituduh melakukan upaya untuk mempengaruhi pemilihan presiden 2016. Dan yang lebih mengangkat alis adalah, Trump bertemu dengan Putin meskipun pengacara khusus Robert Mueller mendakwa 12 orang Rusia pada hari Jumat karena keterlibatan mereka dalam pemilihan AS.

Sebaliknya, selama menjadi presiden AS, Trump justru lebih banyak mengungkapkan nada positif untuk presiden Rusia.

Dilansir dari CNN, berikut 12 hal penting yang telah dikatakan Trump tentang mitranya dari Rusia.

1. Selamat untuk Perancis, yang bermain sepakbola luar biasa, untuk memenangkan Piala Dunia 2018. Selain itu, selamat kepada Presiden Putin dan Rusia untuk melakukan Turnamen Piala Dunia yang benar-benar hebat - salah satu yang terbaik!

2. Saya akan memiliki hubungan yang sangat baik dengan Presiden Putin jika kami menghabiskan waktu bersama.

3. Saya pikir kami akan memiliki kesempatan untuk memiliki hubungan yang sangat baik dengan Rusia dan peluang yang sangat bagus - hubungan yang sangat baik dengan Presiden Putin.

4. Kamu tahu? Putin baik-baik saja. Dia baik-baik saja. Kita baik-baik saja.

5. Saya pikir saya bisa memiliki hubungan yang sangat baik dengan Presiden Putin.

6. Saya menelepon Presiden Putin dari Rusia untuk memberi selamat kepadanya atas kemenangannya dalam pemilihan (di masa lalu, Obama juga melakukan hal sama). Media Berita Palsu itu gila karena mereka ingin saya mengkritiknya. Mereka salah! Bergaul dengan Rusia adalah hal yang baik, bukan hal yang buruk.

7. Saya percaya bahwa Presiden Putin benar-benar merasa, dan sangat merasa, bahwa dia tidak ikut campur dalam pemilihan kami.

8. Tapi saya pikir Putin dan saya - Presiden Putin dan saya akan memiliki hubungan yang hebat, dan itu akan bagus untuk kedua negara.

9. Jadi perhatikan itu, dan kalian melihat Presiden Putin dengan sangat kuat, dengan bersemangat mengatakan bahwa ia tidak ada hubungannya dengan itu. Sekarang, kalian tidak akan terlibat dalam pertengkaran.

10. Presiden Putin dan saya telah membahas berbagai hal dan saya pikir itu berjalan dengan sangat baik. Kami sudah memiliki beberapa pembicaraan yang sangat, sangat bagus. Kami akan berbicara sekarang dan jelas itu akan berlanjut. Tapi kami berharap untuk banyak hal baik dan positif yang terjadi untuk Rusia, untuk Amerika Serikat dan untuk semua orang yang peduli.

11. Dengar, akan jauh lebih mudah bagiku untuk bersikap keras terhadap Rusia, tapi kemudian kami tidak akan membuat kesepakatan.

Jadi mengapa Trump begitu enggan mengatakan kata negatif tentang Putin? Berikut adalah beberapa teori.

  •     Dia percaya bahwa kekhawatiran geopolitik - peran Rusia dalam berurusan dengan Korea Utara, Suriah dll. -  adalah segalanya. Di bawah pemikiran itu, Trump melihat Rusia (dan Putin) sebagai semacam kejahatan yang diperlukan. Dia berupaya untuk mencapai kebaikan yang lebih besar.
  •     Trump adalah seorang negosiator. Dia tahu bahwa Anda tidak dapat membuat kesepakatan dengan seseorang jika Anda tidak dapat masuk ke ruangan dengan orang itu. Dan Anda tidak bisa masuk ke ruangan dengan seseorang jika semua yang Anda lakukan adalah menjelek-jelekkan dia.
  •     Trump tertarik kepada orang kuat, atau yang memiliki otoritarianisme dalam gaya kepemimpinan mereka. Ada bagian dari dirinya yang mengagumi kemampuan Putin untuk memperoleh kesetiaan dan tidak harus berurusan dengan media yang bermusuhan (alias independen).
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER