Kanal

Jamaah Haji yang Meninggal saat Sujud Dikenal Rajin Salat Dhuha dan Tahajud

INHILKLIK.COM, JAKARTA – Suasana duka menyelimuti kediaman Sukardi Ratmo Dihardjo (59) salah satu jamaah haji asal Cakung, Jakarta Timur yang meninggal dunia usai melaksanakan salat Ashar di Masjid Nabawi, Madina, Arab Saudi.

Rumahnya di kawasan Cakung, tepatnya di RT 011 RW 02 tampak ramai didatangi sanak saudara, kerabat, maupun para tetangga sekitar untuk menggelar tahlil.

"Ini malam ini mau tahlilan insyAllah sampai tujuh hari," kata Okki Setiyadi putra dari Sukardi saat ditemui di rumahnya, Kamis, (19/7/2018).

Acara dimulai dengan pembacaan surat Yasin untuk almarhum dan diakhiri dengan doa dengan harapan agar semua amal ibadah almarhum dapat diterima di sisi-Nya.

Sebelum berangkat Okki mengatakan sang ayah berpesan agar menjaga rumah. Ia juga selalu ingat sosok sang ayah yang rajin pekerja keras dan tegas dalam mendidik keluarganya. "Titip pesen disuruh jaga rumah. Dia juga periang, enggak bisa diem pokoknya maunya bersih-bersih rapihin rumah," tutur Okki.

Sementara itu di mata putri sulungnya Desy Ika Setyawati, ayahnya sangat rajin beribadah. "Ayah itu rajin, salat duha terus salat tahajud," ungkapnya.

Ibadah haji sendiri, kata Desy, sudah menjadi keinginannya dan mendaftar pada tahun 2011. Iamenyebutkan, sang ayah yang menderita penyakit jantung sempat tidak diizinkan berangkat haji. Namun RS Islam akhirnya mengizinkan sang ayah untuk berangkat ke Tanah Suci.

"Nunggu-nya 7 tahun dari 2011. Kan kemarin berobat ke RS Omni dicek jantung. Sama dokter Omni sebenernya enggak boleh berangkat (haji). Terus bapak bingung nunggu-nya udah tujuh tahun (untuk berangkat haji). Terus dipanggilnya tahun ini. Dia nyari rumah sakit akhirnya di RS Islam bisa berangkat aja Pak, kata dokternya," tutur Desy.

Meski sakit, kata dia, ayahnya itu tidak pernah menunjukkan rasa sakitnya dan memang sudah berniat untuk naik haji.

Sebelumnya petugas menemukan jamaah dengan nomor paspor B 9194625 sudah tidak bernyawa lagi. Dokter tim kesehatan langsung memeriksa kondisi korban, namun karena sudah tidak bernyawa jenazah langsung dilarikan ke rumah sakit Arab Saudi untuk ditindak lebih lanjut. (okezone)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER