Kanal

Tentram! Desa di Rumania Ini Tak Memiliki Kantor Polisi karena Bebas dari Kriminal

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Biasanya di setiap daerah sampai ke peloton pasti ada yang namanya kantor polisi. Kantor polisi dibuat untuk jika suatu saat terjadinya kriminal bisa dengan cepat melaporkan dan ditindak.

Namun berbeda dengan desa yang satu ini, desa yang kaya akan pemandangan yang indah ini terletak di Rumania Barat dan mayoritas penduduknya adalah etnis Ceko. Warga di desa ini disebut hampir tidak pernah mengalami kasus-kasus pencurian.

Hal itulah yang menyebabkan desa yang terletak di kaki pegunungan Banatului itu tidak punya kantor polisi. Warga-warga di desa tersebut bahkan selalu rukun dan saling membantu satu sama lain.

Desa yang beraad di Rumania ini dinobatkan sebagai desa bebas pencuri sejak 1996 silam. Salah satu hal yang sering terlihat di desa ini adalah banyak warga meninggalkan uang mereka di dalam tas yang digantung di tiang atau pagar. Ketika tukang roti datang, uang tersebut masih utuh dan ditukar dengan beberapa buah roti.

Bukan soal roti saja, warga Desa Eibenthal bahkan tidak melakukan tindakan usil seperti menginjak pekarangan rumah orang lain tanpa izin. Mereka biasanya berteriak memanggil pemilik rumah di balik pagar. Mereka tidak akan masuk jika belum diizinkan masuk oleh pemilik rumah.

Menurut Kepala desa Eibenthal, Victor Doscocil, mengungkapkan bahwa sikap dan perilaku warganya yang baik ternyata telah ditanamkan sejak dini. Warga disana juga saling kenal satu sama lain, sehingga mereka dibiasakan untuk meminta bukan mencuri ketika membutuhkan sesuatu. (poioksatu)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER