Kanal

Masih Muda Sudah Sering Sakit Punggung, Ini 4 Penyebabnya!

INHILKLIK.COM - NYERI punggung kerap dialami oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya menyerang usia tua, sakit punggung juga dapat mengincar anak muda. Sakit punggung, memang terlihat sangat sepele, namun jika dibiarkan penyakit tersebut bisa berlarut-larut dan tak kunjung sembuh.

Tentunya Anda akan sedikit kesulitan dalam beraktifitas, ketika nyeri punggung menyerang. Nyeri punggung bagian bawah bisa disebabkan oleh lumbal tulang belakang, cakram di antara tulang belakang, ligamen di sekitar tulang belakang, sumsum tulang belakang, saraf, otot punggung bawah, organ perut dan organ panggul, serta kulit di sekitar area lumbar.

Sementara nyeri punggung bagian atas mungkin karena gangguan aorta, tumor di dada, dan peradangan tulang belakang. Lantas apa saja yang menyebabkan hal itu bisa terjadi? Merangkum dari Medical News Today, Kamis (24/8/2018), Okezone akan membahas mengenai penyebab utama sakit punggung:

1. Ketegangan

Nyeri punggung umumnya berasal dari ketegangan atau cedera. Penyebab nyeri punggung yang sering dialami adalah:

Ketegangan otot atau ligamen, kejang otot, ketegangan otot disk yang rusak atau cedera, patah tulang, dan terjatuh.

Sementara kegiatan yang dapat menyebabkan strain atau kejang meliputi: mengangkat sesuatu dengan tidak semestinya mengangkat sesuatu yang terlalu berat membuat gerakan tiba-tiba dan canggung.

2. Masalah struktural

Sejumlah masalah struktural juga dapat menyebabkan sakit punggung. Beberapa di antaranya adalah Ruptured disk, piringan tulang yang menggembung, skiatika, arthritis, kelengkungan tulang belakang yang abnormal, osteoporosis, dan masalah ginjal.

3. Gerakan dan postur yang salah

Gerakan dan postur juga dapat mempengaruhi nyeri punggung. Hal ini bisa terjadi akibat aktivitas sehari-hari atau postur yang buruk.

Beberapa gerakan tersebut bisa meliputi memutar badan, batuk atau bersin, ketegangan otot, membungkuk dengan salah, mendorong, menarik, mengangkat, atau membawa sesuatu, berdiri atau duduk untuk waktu lama, tegang leher ke depan, seperti saat mengemudi atau menggunakan komputer, sesi mengemudi yang panjang tanpa istirahat, tidur di kasur yang tidak mendukung tubuh dan menjaga tulang belakang tetap lurus.

4. Masalah penyakit lainnya

Beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan nyeri punggung. Beberapa diantaranya adalah caudia equina syndrome, kanker tulang belakang, infeksi tulang belakang, gangguan tidur, dan herpes.


(okezone.com)

 

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER