Kanal

Presiden Joko Widodo Masuk 500 Muslim Berpengaruh Dunia 2019

INHILKLIK.COM, JAKARTA - The Royal Islamic Strategic Studies Center (RISSC) merilis daftar 500 Muslim Berpengaruh di Dunia 2019. Lembaga yang berbasis di Amman, Yordania, ini mencantumkan sejumlah tokoh dari dunia politik, cendekiawan, hingga atlet.

Dari Indonesia, lembaga yang berafiliasi dengan The Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought ini memasukkan Presiden Joko Widodo. Presiden yang karib disapa Jokowi ini berada padaurutan ke-16.

Selain Jokowi, beberapa ulama dari Indonesia juga masuk dalam daftar tersebut. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj, berada di peringkat ke-20.

Sementara itu di peringkat ke-37 terdapat Rais Aam Idaroh Aliyah Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN), Habib Luthfi bin Yahya.

Seperti dilansir Dream.co.id, beberapa nama penting di dunia kecendikiawanan Muslim Indonesia juga turut masuk ke dalam daftar ini. Beberapa di antaranya, Mustasyar PBNU, KH Ahmad Mustofa Bisri; Anggota Dewan Etik Hakim Konstitusi, Ahmad Syafii Maarif; serta Katib Aam PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya).

Sementara itu di Dewan Muslim Senior, ada nama Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Nama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin, juga disebut dalam daftar ini. Baru tahun ini dia masuk sebagai anggota Dewan Muslim Senior.

Uniknya, nama Ma'ruf berada di kolom negara Malaysia. Meski keterangannya Amin disebut sebagai politikus dan cendekiawan asal Indonesia.

Tak hanya cendekiawan dan politisi yang masuk dalam daftar ini. Di bidang seni, budaya, dan olahraga ada beberapa tokoh terkenal.

Pesepakbola asal Mesir dan Liverpool, Mohammed Salah, masuk dalam daftar. Selain itu, ada pula petarung UFC, Khabib Nurmagomedov.

Musisi Maher Zain dan bintang film India, Salman Khan juga terdapat dalam daftar.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER