Kanal

Negara Tolak Bayar, Veteran Tentara Ini Kembalikan Kaki Tiruannya ke Toko

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Apa arti medali untuk seorang veteran yang harus kehilangan kedua kakinya? Jerry Holliman merasakan betapa perihnya diabaikan negara.

Holliman adalah veteran tentara Amerika Serikat. Dia pernah menerima dua medali. Dia sempat menderita diabetes dan tiga jenis kanker. Penyakit sudah sembuh, namun harus merelakan kedua kakinya diamputasi.

Veteran yang pernah bertugas di Vietnam dan Irak itu sempat mendapat kaki tiruan. Dia mendapatkannya dari Hanger, toko prostesis. Holliman berharap kaki tiruan dibayar Departemen Urusan Veteran (VA).

Ternyata tidak sesuai harapan. VA justru menolak membayar kaki tiruan itu. Veteran berusia 69 tahun itu. Dua hari sebelum Natal, dia mengembalikan kaki tiruan kepada Hanger.

Dia sebenarnya didorong untuk menggunakan Medicare untuk menemukan kaki palsu pengganti. Namun, Holliman menolak. 

"Medicare tidak mengirim saya ke Vietnam. Aku dikirim ke sana oleh negaraku ... dengan pengertian bahwa jika sesuatu yang buruk terjadi padaku, itu akan ditanggung oleh VA," katanya.

Dokter mengamputasi kaki Holliman setelah ia menderita gangren. Agustus lalu, empat bulan setelah kaki kirinya diamputasi, Holliman menerima prostesis dari Hanger.

Holliman mengatakan bahwa tidak sampai dia menjalani beberapa sesi rehabilitasi bahwa Hanger mengatakan kepadanya bahwa VA tidak akan membayar kaki tiruannya.

Seorang juru bicara untuk Pusat Medis Jackson VA mengatakan, kepada Clarion-Ledger bahwa undang-undang privasi melarangnya mengomentari kasusnya. 

Hanger juga mengatakan tidak bisa berkomentar kecuali Holliman melepaskan hak privasinya. Seorang juru bicara menambahkan bahwa perusahaan tidak melepaskan kaki setelah pengiriman terakhir.

Clarion-Ledger melaporkan bahwa VA memang membayar untuk kursi roda bermotor sebelum Holliman kehilangan kakinya. Namun, dapur adalah satu-satunya bagian dari rumahnya yang dapat diakses kursi roda. Dia saat ini tinggal di Rumah Veteran di Collins, Miss.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER